Makan Ikan Cerdaskan Masyarakat

Makan Ikan Cerdaskan Masyarakat
Kegiatan Hari Makan Ikan Provinsi Sumatera Utara di Rumah Pangan Kota Binjai, Kamis (14/12) (Analisadaily/Novi Dahlia)

Analisadaily.com, Binjai - Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, menghadiri Kegiatan Hari Makan Ikan Provinsi Sumatera Utara di Rumah Pangan Kota Binjai, Kamis (14/12). Adapun tema kegiatan ini yaitu "Makan Ikan Cerdaskan Masyarakat".

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin beserta Pj Ketua TP PKK Sumatera Utara, Dessy Hassanudin dan diikuti oleh Sekda Kota Binjai, Irwansyah Nasution, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara, Hamdan Sukri Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr. Alwi Mujahit Hasibuan, Kepala Staf Kodim 0203/Lkt Mayor Inf Abner Bangun, dan tamu undangan lainnya.

"Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Kota Binjai sebagai tuan rumah pada kegiatan Hari Makan Ikan Provinsi Sumatera Utara," ucap Amir.

Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Tahun 2021, Kota Binjai berada pada angka 21,7%, sementara pada hasil SSGI Tahun 2022 Kota Binjai mengalami penurunan pada angka 18,7%.

Amir menyampaikan, sebagai bentuk komitmen dalam penurunan stunting, Pemerintah Kota Binjai telah meluncurkan inovasi Binjai Smoting, yaitu "Semangat Menuju Zero Stunting" dengan membentuk gerakan Bapak Asuh Bagi Anak Stunting (BAAS) dan keluarga resiko stunting khususnya Ibu Kurang Energi Kronis (KEK) di Kota Binjai selama periode waktu 6 bulan.

"Tentunya Pemerintah Kota Binjai telah berkomitmen dan menaruh perhatian besar terhadap masalah percepatan penurunan stunting. Kami berharap 2024 nantinya tidak ada lagi stunting di Kota Binjai," harap Amir.

Pada kesempatan ini, Amiw menyampaikan salah satu upaya untuk mempercepat penurunan stunting dan gizi buruk ialah dengan cara mengkonsumsi ikan.

"Sejalan dengan kegiatan ini, saya ingin mengajak masyarakat untuk untuk mulai mengonsumsi ikan yang merupakan salah satu sumber protein penting yang berkualitas tinggi," ucap Amir.

Ketua TP PKK Kota Binjai Nurhayati Amir Hamzah mengatakan pentingnya peran Tim PKK dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga, salah satunya dengan mengajak dan mensosialisasikan pentingnya protein ikan.

"Saya mengajak seluruh kader PKK untuk bersama-sama berperan aktif dan memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan. Melalui kader yang tersebar hingga ke kelurahan, diharapkan PKK mampu menjadi corong pemerintah dalam menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan," ucap Nurhayati.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengajak seluruh pihak untuk bersinergi menjadikan Sumatera Utara menjadi zero stunting dan zero narkoba.

"Secara khusus saya juga ingin berpesan kepada Ibu PKK agar tidak pernah berhenti untuk berbakti dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

(NOV/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi