Kapolda Sumut Dukung PalmCo, Perkuat Ketahanan Pangan dan Energi Nasional

Kapolda Sumut Dukung PalmCo, Perkuat Ketahanan Pangan dan Energi Nasional
Kapolda Sumut Dukung PalmCo, Perkuat Ketahanan Pangan dan Energi Nasional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Irjen Polisi Agung Setya Imam Effendi menyatakan siap mendukung dan memperkuat pengamanan aset-aset objek vital negara perusahaan perkebunan sawit di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero), PalmCo.

Jenderal Bintang Dua itu menyatakan hal tersebut sebagai bentuk dukungan nyata kepada perusahaan yang dibentuk melalui penggabungan PTPN V, PTPN VI, dan PTPN XIII ke dalam PTPN IV sebagai surviving entity dan pemisahan tidak murni PTPN III (Persero) ke PTPN IV menjadi PalmCo agar mampu untuk terus memberikan produksi dan kontribusi maksimal bagi masyarakat.

"Bagi saya kemajuan diperoleh dari penguatan ekonomi. Untuk itu, kita perlu intervensi di jalur masing-masing. Keberadaan PalmCo merupakan hal yang tepat sehingga perlu sentuhan dan persamaan perspektif," kata Agung di saat pertemuan dengan Direktur Utama PalmCo Jatmiko Santosa dan jajaran di kediaman resmi Kapolda Sumatera Utara di Medan, Kamis (21/12).

Dalam kesempatan tersebut, Agung juga mengapresiasi pembentukan Sub Holding PalmCo oleh Kementerian BUMN dan Holding Perkebunan Nusantara yang diproyeksikan menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit terluas di dunia.

Dia mengatakan langkah itu harus mendapat dukungan seluruh pihak, tak terkecuali dari kepolisian dalam pengamanan aset-aset negara. Terlebih lagi, lanjutnya, Pemerintah memberikan tugas berat kepada PalmCo untuk tidak hanya tumbuh dari sisi bisnis perusahaan, namun juga berkontribusi terhadap ketahanan pangan dan energi nasional.

"Pembentukan PalmCo merupakan langkah yang sangat strategis. Untuk itu, Kami ingin berkontribusi dengan ekosistemnya. Mengamankan dan menjaga aset merupakan fokus kami untuk bersinergi dengan PalmCo saat ini dan seterusnya, utamanya di wilayah Sumatera Utara," lanjut sosok yang murah senyum tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama PTPN IV PalmCo, Jatmiko Santosa, didampingi oleh Region Head I yang diwakili SEVP Business Support Tengku Rinel (SEVP Bussines Support) dan Region Head II, Sudarma Bhakti Lessan mengapresiasi dukungan Polda Sumatera Utara terhadap perusahaan yang dibentuk awal Desember 2023 kemarin.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Polda Sumatera Utara atas sinergi yang telah terjalin di Perkebunan PalmCo khususnya di Sumatera Utara," ucap Jatmiko.

Dalam silaturahmi ini Jatmiko juga menyampaikan bahwa Holding Perkebunan telah membentuk PalmCo sebagai salah satu Subholding yang memiliki tujuan dan mengambil peran dalam ketahanan pangan dan energi nasional. Ia menjelaskan saat ini masih terdapat beberapa potensi permasalahan terutama terkait lahan areal perusahaan hak guna usaha (HGU).

“PTPN IV PalmCo yakin di bawah kepemimpinan Bapak Kapolda, Kepolisian Sumatera Utara dapat membantu menjaga kondusivitas dan keamanan Masyarakat, sehingga operasional Perusahaan dapat berjalan maksimal dan memberikan manfaat sebesar-besarnya," paparnya.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi