Ini Dia Tips Sukses Trading NFT

Ini Dia Tips Sukses Trading NFT
Ilustrasi (Pixabay)

Dalam era digital yang semakin berkembang, konsep NFT (Non-Fungible Token) menjadi semakin populer. Mungkin kamu pernah mendengar tentang seorang yang bernama Ghozali bisa sukses menjual fotonya dengan harga miliaran rupiah melalui NFT. Nah jika ingin seperti itu, maka ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar sukses trading NFT.

Proses ini ternyata sangat sederhana, apalagi game NFT 2022 menarik minat berbagai kalangan. Selain itu, kehadiran game-game tersebut membawa suasana baru bagi para kolektor dan investor di dunia cryptocurrency. Namun sebelum membahas bagaimana sukses trading NFT seperti Ghozali maka alangkah bijaknya jika kamu mengetahui definisi dari NFT.

Apa itu NFT

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token, yang dalam bahasa Indonesia berarti "Token Tidak Bisa Dipertukarkan". NFT adalah representasi digital yang unik dan tidak dapat digantikan dari suatu aset. Dalam konteks blockchain, NFT menggunakan teknologi yang sama dengan cryptocurrency, seperti Bitcoin atau Ethereum, tetapi memiliki karakteristik yang berbeda.

Cara Kerja NFT

NFT didasarkan pada teknologi blockchain, yang merupakan buku besar digital terdesentralisasi yang mencatat semua transaksi. Dalam hal ini, blockchain digunakan untuk mencatat kepemilikan dan transfer NFT.

1. Penciptaan NFT

Seorang pencipta membuat NFT dengan menggunakan platform khusus yang mendukung standar NFT, seperti ERC-721 atau ERC-1155 untuk Ethereum. Mereka dapat membuat NFT dari berbagai jenis aset digital, termasuk gambar, video, musik, dan masih banyak lagi.

2. Pendaftaran NFT

Setelah NFT dibuat, pencipta mendaftarkannya ke pasar NFT atau galeri digital. Di platform ini, NFT dapat dilihat oleh orang lain dan ditawar atau dibeli.

3. Transfer kepemilikan

Jika NFT dijual atau ditransfer, transaksi ini dicatat pada blockchain. Ini memungkinkan jejak kepemilikan yang dapat diverifikasi dan memastikan keaslian aset.

Apa yang Harus Kamu Lakukan Agar Sukses NFT

1. Buat komunitas NFT

Tahukah kamu bahwa semua aset NFT yang dibangun tidak dapat bertahan tanpa komunitas NFT? Komunitas ini penuh dengan minat dan calon investor yang ingin membeli layanan crypto kamu. Untuk memulai, kamu dapat membangun basis di banyak jejaring sosial populer, termasuk Discord.

Tak hanya itu, YouTube, Twitter, TikTok, dan Telegram juga menjadi pilihan untuk menghubungkan developer dengan komunitas NFT. Keberadaan komunitas menjadi penting karena dari sini proyek NFT kamu akan diakui dan memiliki pendukung tetap.

Merekalah yang akan menjadi "corong" untuk mempromosikan aset NFT di pasar publik. Nah jika kamu ingin membangun sendiri komunitas NFT, maka ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membangun komunitas NFT.

2. Menentukan nilai wajar aset NFT

Salah satu poin penting lainnya adalah menentukan harga aset NFT yang kamu buat. Perlu diingat, harga tidak harus terlalu mahal untuk menjadi value bagi investor. Parahnya, dukungan masyarakat juga akan berkurang jika harganya tidak “ramah kantong”.

Selain itu, sangat penting bagi pembuat NFT untuk membayar royalti NFT yang adil ke semua pasar sekunder. Jika tidak, pemegang dapat mengalami kerugian dan dicegah untuk menempatkan token NFT kamu.

Tentunya membuat NFT sendiri dan menjualnya membutuhkan strategi yang berbeda, termasuk menentukan harga terbaik. Namun, semua ini dilakukan agar kamu bisa langsung mendapatkan banyak uang dan sukses trading NFT.

3. Susun NFT road map dengan jelas dan detail

Setelah kamu membangun komunitas dan mengerti bagaimana menentukan harga NFT, maka langkah selanjutnya adalah kamu harus bisa menyusun roadmap dengan jelas dan terperinci sehingga tidak lagi menimbulkan banyak pertanyaan.

Kini saatnya kamu sebagai pengembang menyiapkan proses NFT yang lengkap dan akurat, beserta target waktu dan target penyelesaian yang diharapkan selama periode ini. Idealnya, sebagian besar penghasilan kamu berasal dari pembayaran royalti NFT dari pasar sekunder di pasar NFT.

4. Bangun tim dan perdagangan yang kuat

Sama seperti membangun bisnis, tim yang kuat dan pangsa pasar memainkan peran yang sangat penting di dunia NFT. Jadi, jangan lupakan dua hal penting ini agar karir NFT kamu berjalan lancar dan sukses dalam trading.

Menariknya, ketika investor ingin menjelajahi aset NFT kamu, maka hal pertama yang akan mereka lakukan adalah mengunjungi situs kamu dan melihat dari apa grup kamu dibuat. Itu sebabnya kamu harus bisa menciptakan citra tim yang baik.

Crypto Exchange Indonesia Terbaik

Pintu

Salah satu Aplikasi crypto exchange Indonesia terbaik yang ada di Indonesia sekarang ini adalah Pintu. Berada di bawah PT. Pintu Kemana Saja menjadikan aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 4,85 juta orang baik di Google Play Store maupun App Store dan dilisensikan oleh BAPPEBTI. Bukan tanpa alasan aplikasi exchange Pintu menjadi salah satu yang terbaik.

Hal ini karena aplikasi Pintu menawarkan perdagangan crypto untuk 50 cryptocurrency, seperti Bitcoin, Ethereum, Tether, dan lainnya. Meskipun pada saat ini, Pintu masih belum mendukung pembelian dan penjualan NFT, aplikasi tersebut dapat digunakan untuk staking crypto (seperti deposito bank).

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi