Hujan Mengguyur Kota Medan, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Berfluktuasi Ringan

Hujan Mengguyur Kota Medan, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Berfluktuasi Ringan
Hujan Mengguyur Kota Medan, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Berfluktuasi Ringan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Harga cabai merah saat ini ditransaksikan di kisaran Rp 30 ribu/Kg-nya. Harga cabai merah terpantau mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan harga saat menjelang tahun baru yang sempat menyentuh Rp 23 ribu/Kg.

Dari hasil pantauan PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis), Rabu (10/1), harga cabai di Kota Medan di awal tahun ini bergerak stabil dan berfluktuasi ringan.

Sementara itu, harga sejumlah kebutuhan pangan lainnya seperti bawang, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, telur ayam hingga beras semuanya juga masih bergerak mendatar.

Harga cabai merah mengacu PIHPS rata-rata di Kota Medan dijual Rp 26.500/Kg, dan cabai rawit ditransaksikan rata-rata di harga Rp 34ribu/Kg.

Untuk harga bawang merah berada di kisaran Rp 29.100/Kg. Bawang putih harganya belakangan ini mengalami kenaikan, dan rata rata dijual di angka Rp 38.200/Kg mengacu kepada PIHPS.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok, Gunawan Benjamin mengatakan, harga daging sapi juga masih stabil. “Dari pantauan saya masih berada di kisaran Rp120 ribu hingga Rp 130 ribuan per Kg,” ucapnya.

Telur ayam juga masih stabil di kisaran angka Rp 26 ribuan/Kg. Atau sekitar Rp 1500/butir untuk telur ayam kualitas sedang. Gula pasir terpantau bergerak Rp 16 ribu hingga Rp 17 ribu/Kg.

Minyak goreng ditransaksikan Rp 14 ribu hingga Rp 15 ribu/Kg di wilayah Medan dan sekitarnya. Untuk harga beras terpantau cukup stabil dalam rentang Rp 13.500 hingga Rp 15 ribu/Kg untuk beras medium dan super.

Diungkapkan Gunawan, dari hasil pantauan di lapangan, cabai pada dasarnya cukup berfluktuasi meskipun dalam rentang kenaikan dan penurunan Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per harinya dalam sepekan terakhir.

“Tidak begitu berfluktuasi, namun yang perlu dikhawatirkan adalah cabai masih berpeluang untuk turun. Pantauan dari sejumlah pedagang besar belakangan ini terlihat pasokan cabai mengalami peningkatan,” sebutnya.

Potensi penurunan harga cabai masih terlihat, di mana pedagang besar banyak menambah pasokan ke pengecer yang cenderung meningkat belakangan ini. Umumnya kalau harga mau turun, biasanya pedagang besar menitipkan barang dengan jumlah yang lebih banyak.

“Namun tidak secara spesifik menyebutkan berapa harga jualnya. Karena harga menunggu pembentukan dari mekanisme pasar selanjutnya,” pungkasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi