Hindari Kesalahan Memakai Cushion Foundation agar Mulus

Hindari Kesalahan Memakai Cushion Foundation agar Mulus
Cushion Foundation. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Sejak fenomena K-wave, cushion foundation semakin populer dan digunakan banyak orang. Selain itu, produk ini mampu memberikan coverage yang tidak kalah bagus dan formulanya juga ringan. Meski begitu, ternyata ada kesalahan umum yang sering dilakukan sehingga hasil make up menjadi lebih cakey.

Perlu dikenali bahwa make up cakey ialah kondisi dimana hasil riasan menggumpal atau terlalu tebal. Untuk menghindari tampilan riasan yang retak, sangat penting untuk mengenali apa saja kesalahan yang perlu dihindari dan mulai terapkan trik penggunaan bedak cushion seperti di bawah ini.

Kesalahan Memakai Cushion yang Perlu Dihindari

1. Terlalu Tebal

Kesalahan umum pertama yaitu memakai produk cushion yang terlalu tebal. Seberapapun coverage yang diberikan produk cushion penting untuk memakainya dengan secukupnya saja. Dengan begitu, tampilan terlihat natural dan tidak berlebihan. Coba gunakan satu puff cushion di seluruh wajah dan tutupi pada area bekas jerawat.

2. Wajah Kering

Salah jika mengaplikasikan cushion foundation pada wajah kering karena membuat tampilan menjadi cakey dan tidak natural. Maka dari itu, melembabkan wajah terlebih dahulu sebelum memakai cushion agar mendapatkan hasil akhir yang lebih bagus. Anda bisa memakai produk skincare hidrasi atau moisturizing agar cushion bekerja dengan baik.

3. Diusap

Selain sebelum memakai cushion, pastikan bahwa penggunaan cushion telah dilakukan dengan benar. Cara penggunaan cushion yang benar yaitu di tap atau ditekan secara merata pada seluruh permukaan wajah agar mendapatkan hasil yang lebih alami dan terserap kulit dengan baik.

Gunakan media puff atau beauty blender untuk memakai cushion pada permukaan wajah. Namun, hindari penggunaan dengan digosok untuk membuat hasil riasan yang kurang maksimal. Sebab, hal ini dapat menyebabkan hasil riasan atau make up yang cracky dan menggumpal.

4. Menekan Terlalu Kuat

Selain diusap, kesalahan umum memakai cushion foundation yang sering terjadi yaitu menekan puff atau beauty blender terlalu kuat. Hal ini agar penggunaan foundation tidak terlalu tebal atau banyak pada puff. Cukup tap-tap pada permukaan wajah dengan lembut dan perlahan.

5. Puff Kotor

Puff kotor juga dapat menjadi penyebab cushion foundation tidak bekerja dengan baik dalam mengcover wajah. Perlu dicatat bahwa setiap aplikator membutuhkan perawatan agar kebersihannya tetap terjaga. Anda bisa mencuci puff secara rutin untuk meminimalisir timbulnya masalah pada kulit wajah akibat produk cushion yang kotor.

Cushion puff memang rentan kotor sehingga anda perlu mencucinya dengan benar. Tidak perlu menggosok keras, anda hanya perlu mencuci cushion dengan lembut agar tidak merusak rongga udara di dalam spons. Dengan begitu, cushion tetap empuk dan tidak kempes.

Cara mencucinya pun cukup mudah yakni dengan melarutkan 305 tetes sabun cair bayi atau biasa dengan sedikit air di dalam mangkuk. Lalu, ambil puff kotor dan celupkan di dalam air sabun. Angkat segera dan gosok pelan-pelan pada telapak tangan. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sampai sisa bedak terangkat bersih.

Jika sudah bersih, bilas di bawah air mengalir agar kotoran make up terangkat sempurna. Jangan memeras spons atau puff agar tidak rusak. Anda bisa menjemurnya di bawah tempat teduh atau diangin-anginkan saja sampai kering. Setelah kering, cushion siap dipakai kembali.

Ada beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari dalam memakai cushion agar hasil riasan tidak cakey. Mulai dari sebelum memakai, saat memakai hingga setelah memakai penting diketahui bagaimana cara pengaplikasiannya yang benar. Untuk mendapatkan produk makeup seperti makeup cushion berkualitas, kunjungi website Buttonscarves Beauty dan beli secara online, nantikan harga special dan promo diskonnya, ya!

Baca Juga

Rekomendasi