Direktur PDAM Tirta Sari Harus Mampu Penuhi Harapan Masyarakat

Direktur PDAM Tirta Sari Harus Mampu Penuhi Harapan Masyarakat
Ketua Komisi A DPRD Kota Binjai, Marasonang Lubis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Ketua Komisi A DPRD Kota Binjai, Marasonang Lubis, berharap Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Terpilih Periode 2024-2029 harus mampu memenuhi harapan masyarakat yang menginginkan peningkatan kualitas pelayanan dan tercukupinya kebutuhan air bersih di Kota Binjai.

"Siapapun yang terpilih, harus punya track record yang baik, berkredibilitas tinggi, memiliki kompetensi yang jelas, serta berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan berupaya memajukan PDAM Tirta Sari. Ini sesuai dengan komitmen Walikota dan harapan masyarakat Binjai," ungkap Marasonang, yang juga mantan Anggota Dewan Pengawas PDAM Tirta Sari Kota Binjai, Selasa (30/1).

Secara khusus dia juga mengharapkan Wali Kota Binjai, Amir Hamzah, benar-benar selektif dalam menentukan pilihan, termasuk meminta saran dan masukan dari DPRD Kota Binjai jika memang dibutuhkan. Sebab dari 3 kandidat Calon Direktur PDAM Tirta Sari yang kini mengikuti tahapan seleksi, tentu saja masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan.

"Satu hal lagi yang tidak kalah penting, saya berharap juga Walikota Binjai dapat menempatkan orang-orang berkompeten dalam struktur Dewan Pengawas PDAM Tirta Sari. Artinya, mereka juga dituntut optimal dalam menjalankan tupoksinya. Tidak hanya sekadar melengkapi struktur tanpa ada kontribusi nyata," ujar Marasonang.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Binjai, Zainal Abiddin Nasution, mengakui sampai saat ini Komisi C DPRD Kota Binjai belum pernah dilibatkan dalam proses seleksi Calon Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Periode 2024-2029.

"Setahu saya selama saya menjabat, kita belum pernah dilibatkan. Padahal idealnya itu, DPRD Kota Binjai harus mengetahui. Bahkan memungkinkan sekali melakukan fit and proper test terhadap para kandidat. Sehingga tahapan seleksi dapat terlaksana dengan transparan," terangnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penjaringan dan Seleksi Pengangkatan Calon Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Periode 2024-2029, Assoc. Prof. Iman Jauhari, mengatakan, nama-nama kandidat yang lulus sebagai Calon Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Periode 2024-2029 akan diumumkan pada 31 Januari 2024.

"Pengumuman tanggal 31 Januari 2024 atau hari Rabu. Pengumuman lulus seleksi dari Tim Seleksi," ungkapnya, Senin (29/1).

Seperti diketahui, sebanyak 4 kandidat mendaftarkan diri mengikuti Seleksi Calon Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Periode 2024-2029. Mereka antara lain, Ashari, (nomor berkas 001), Zul Umri Lubis, (nomor berkas 002), dan Herry Dani Lubis, (nomor berkas 003), dan Zul Hajji Lubis (nomor berkas 004).

Namun dari ke-4 kandidat tersebut, 4 di antaranya dinyatakan lulus seleksi administrasi. Mereka antara lain, Ashari, Zul Umri Lubis, dan Herry Dani Lubis. Sedangkan Zul Hajji Lubis tidak lulus, karena tidak memenuhi syarat umur minimal peserta, yakni 35 tahun.

Keputusan ini tertuang dalam Pengumuman Tim Penjaringan dan Seleksi Pengangkatan Calon Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai Periode 2024-2029 Nomor: 500-125/B.PERKOSDA/1/2024 tanggal 12 Januari 2024, yang ditandatangani Ketua, Assoc. Prof. Iman Jauhari, Sekretaris, Herman Sukendar Harahap, dan Anggota, Rahmad Fauzi.

Dari 3 kandidat yang kini telah menjalani seleksi tahap aktif, satu kandidat merupakan Plt. Direktur PDAM Tirta Sari, yakni Ashari, satu lagi adalah mantan Direktur PDAM Tirta Sari Kota Binjai dan mantan Direktur PDAM Tirta Tanjung Kabupaten Batubara yang pernah diberhentikan dari jabatannya, yakni Zul Umri Lubis, serta satu lainnya ialah pendatang baru, atas nama Herrry Dani Lubis.

(WA/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi