PON 2024, Pertina Sumut Bidik 10 Emas

PON 2024, Pertina Sumut Bidik 10 Emas
Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara berkomitmen untuk menyumbangkan prestasi terbaik bagi kontingen daerah itu di Pekan Olahraga Nasional (PON) dengan memenuhi target 10 medali emas.

"Kita tetap optimistis dan tetap mencoba memberi hasil yang maksimal di PON 2024 nanti," kata Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Parulian Manalu di Medan, Selasa, (13/2/2024) dilansir dari Antara.

Ia mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk memenuhi target untuk meraih 10 medali. Target itu dinilai tidak hanya untuk mengharumkan nama Sumut, tetapi sebagai upaya untuk memperbaiki masa depan atlet dengan prestasi yang didapat.

"Sebab itu orientasi Pertina adalah prestasi, untuk mengharumkan nama Sumut dan merubah kehidupan dan masa depan atlet," kata Sabam Manalu.

Sabam mengungkapkan mengenai apa yang telah dilakukan Pertina Sumut selama ini dalam upaya mencapai target PON. Tak hanya membangun Pusdiklat Tinju di Martubung, juga telah 3 tahun menggelar TC untuk mempersiapkan atlet tinju Sumut menghadapi PON.

Dalam waktu dekat, kemampuan atlet tinju Sumut juga akan diuji dalam kejuaraan tinju Negara Serumpun di Medan pada bulan Mei 2024.

"Kejuaraan internasional Negara Serumpun dijadwalkan bulan Mei dan akan diikuti Malaysia, Singapura, Brunei dan negara serumpun lainnya. Kita akan menguji kemampuan atlet Pelatda Sumut dalam event ini," ungkap Sabam.

Jika Pemprov Sumut memberi dukungan dana, Pertina Sumut juga memprogramkan try out dan mendatangkan pelatih luar negeri.

Ia juga menyampaikan pentingnya meningkatkan kemampuan fisik untuk meningkatkan performa petinju.

"Tanpa kemampuan fisik prima, kemampuan teknik seorang atlet tidak akan keluar secara maksimal," katanya.

Sebab itu, demi meningkatkan performa atlet, menjelang kejuaraan internasional yang akan berlangsung di Sumut, Pertina akan membawa atlet tinju Pelatda berlatih fisik ke luar daerah, rencananya berlatih di Sidikalang, selama 3 bulan.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi