Siswa SD Lentera Anak Bangsa Basuh Kaki Orang Tua

Siswa SD Lentera Anak Bangsa Basuh Kaki Orang Tua
Proses siswa/siswi Sekolah Dasar Lentera Anak Bangsa membasuh kaki orang tuanya di halaman SD Lentera Anak Bangsa, Jalan Sei Macan, Sei Mencirim, Sunggal, Deli Serdang, Jumat (1/3). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Mencirim – Orang tua siswa Sekolah Dasar Lentera Anak Bangsa, memeluk, mencium dan menunjukkan kasih sayang terhadap buah hatinya saat sang anak membasuh kaki mereka di halaman SD Lentera Anak Bangsa, Jalan Sei Macan, Sei Mencirim, Sunggal, Deli Serdang, Jumat (1/3).

Pada momen itu juga orang tua murid meneteskan air mata, sembari mendoakan kebahagiaan dan keberhasilan anak-anaknya selama menempuh pendidikan. Semakin sangat terasa kasih dan rasa cinta antara orang tua dengan anak ketika para siswa menyampaikan isi hati mereka.

Kepala Sekolah SD Lentera Anak Bangsa, Tetti Golda Wati Siahaan, S.Pd, memberikan apresiasi kepada Yayasan Sinar Ananda Indonesia yang telah mendukung penuh program basuh kaki tersebut. Orang tua yang telah meluangkan waktunya dan guru-guru juga mempersiapkan semua program agar dapat berjalan dengan baik.

Menurut Tetti, hasil dari basuh kaki ini akan menguatkan bakti anak kepada orang tua dan rasa sayang orang tua kepada anak. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam pendidikan anak-anak di tengah keluarga, yang nantinya akan meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi anak belajar di sekolah.

“Model kegiatan ini selalu mendapatkan respon positif dari warga sekolah lentera anak bangsa,” ucap Tetti, dalam acara yang diikuti sekitar 55 orang tua siswa.

Proses siswa/siswi Sekolah Dasar Lentera Anak Bangsa membasuh kaki orang tuanya di halaman SD Lentera Anak Bangsa, Jalan Sei Macan, Sei Mencirim, Sunggal, Deli Serdang, Jumat (1/3).
Ketua Yayasan Sinar Ananda Indonesia Nyoman Sumantra, S.Pd.,M.Sos menyampaikan bahwa keluarga yang harmonis adalah dasar dalam membangun karakter anak untuk bisa menjadi lentera bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan negara.

"Anak yang besar dari keluarga dan penuh dengan suasana kasih akan mampu mengoptimalkan dirinya dalam belajar sehingga menjadi kebanggaan bagi keluarga dan masyarakat," terangnya.

Nyoman menambahkan, bahwa kegiatan basuh kaki orang tua merupakan program rutin dari Sekolah Lentera Anak Bangsa dalam merajut jalinan kasih serta menguatkan hubungan antara anak dan orang tua dan mengembangkan rasa bakti dalam diri anak pada orang tua.

Orang tua siswa kelas III SD Lentera Anak Bangsa, Hervina Jannaty Batubara, mengatakan basuh kaki orang tua adalah media yang paling bagus dalam membenahi kembali hubungan anak dan orang tua. Sering sekali muncul kerenggangan hubungan antara anak dan orang tua karena sikap dari orang tua.

“Basuh kaki ini seperti sebuah magnet yang kuat untuk memugar kembali hubungan anak dan orang tua. Sekolah lentera anak bangsa selalu memiliki cara dalam memberikan edukasi yang dapat terasa oleh orang tua dan anak,” kata Hervina.

Acara ditutup dengan doa bersama demi kebahagiaan setiap warga sekolah dan juga ucapan terima kasih dari orang tua kepada guru-guru yang telah membimbing serta mengadakan acara basuh kaki yang sungguh menyentuh hati.

“Semoga Sekolah Lentera Anak Bangsa selalu menjadi pilihan di hati keluarga dan masyarakat luas dalam pengembangan karakter anak dan keluarga,” ucapnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi