Masyarakat Konstruksi Sumut Minta Parpol Rekrut Kalangan Profesional untuk Diusung dalam Pilkada

Masyarakat Konstruksi Sumut Minta Parpol Rekrut Kalangan Profesional untuk Diusung dalam Pilkada
Masyarakat Konstruksi Sumut. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Masyarakat Konstruksi Sumut mengharapkan Ketua Umum DPP Patai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri membuka kesempatan bagi masyarakat luas/kader bangsa untuk diusung menjadi kepala daerah dalam pilkada 27 November 2024 mendatang.

Hal ini dituangkan Masyarakat Konstruksi Sumut, salah satunya pekerja konstruksi Sumut Erikson Lumbantobing dalam surat terbuka yang ditujukan kepada Megawati Soekarnoputri selaku Ketum DPP PDIP.

Mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sumut Erikson Lumbantobing, Senin (15/4) mengharapkan para calon kepala daerah kedepannya tidak hanya sebatas kader politik semata atau dari kalangan PDIP saja. Ia berharap parpol menggandeng kalangan profesional sebagai bakal calon agar proses pembangunan lebih maksimal demikian juga dengan keterlibatan masyarakat.

Sebelumnya, ia mengutarakan ide surat terbuka ini terilhami dari surat terbuka Megawati Soekarnoputri sebagai "Amicus Curiae" atau Sahabat Pengadilan yang ditujukan ditujukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharapkan proses sengketa hasil pilpres 2024 di MK diliputi keadilan dna kebenaran.

"Demikian juga surat kita kepada Megawati Soekarnoputri, Masyarakat Konstruksi Sumut mengharapkan PDIP dan seluruh parpol lainnya. Keadilan yang diharapkan dengan melibatkan individu yang bersih dan jernih dalam berkontribusi untuk pembangunan daerah," paparnya seraya mengutarakan jika boleh terbuka dari lingkungan Gapeksindo dan profesional banyak sekali individu yang menjadi pimpinan di kalangan eksekutif tetapi terhalang karena sistem penjaringan yang terkesan untuk internal.

Hal ini menyebabkan kalangan profesional berpikir ulang untuk melibatkan diri dalam pencalonan serta membatalkan pendaftaran melalui parpol.
"Amicus Curae" masyarakat konstruksi Sumut ini diharapkan membuka mata hati para pimpinan parpol untuk merekrut lebih banyak pribadi yang terpuji dalam proses pilkada ke depan khususnya di Sumut.

Selama ini Masyarakat Konstruksi Sumut mengikuti jalannya proses pilkada sebelumnya termasuk mendatang ini dengan seksama serta mengoreksi sistem atau cara perekrutan calon kepala daerah.

"Kami melihatnya dengan penuh keraguan. Karenanya, saat inilah melalui momen inilah parpol melibatkan kalangan profesional berpartisipasi," harapnya.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi