BTN Dukung Terus Pengembangan Pariwisata di Desa Lumban Bulbul Danau Toba

BTN Dukung Terus Pengembangan Pariwisata di Desa Lumban Bulbul Danau Toba
BTN Dukung Terus Pengembangan Pariwisata di Desa Lumban Bulbul Danau Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Bank Tabungan Negara (BTN) akan terus mendukung program Ekosistem Keuangan Inklusif (EIK) dan 'Capacity Buliding' di Desa Lumban Bulbul, Kabupaten Toba untuk pengembangan pariwisata.

Hal itu dikatakan langsung oleh Dedy Lesmana selaku Kepala Kantor Wilayah Sumatera BTN saat menghadiri sosialisasi EIK dan 'Capacity Buliding' di Aula Kantor Kabupaten Toba.

"Iya, BTN akan terus mendukung kegiatan ini, untuk memajukan pariwisata di Sumut khususnya di Desa Lumban Bulbul Kabupaten Toba," katanya, Selasa (7/5).

Dedy Lesmana menuturkan dari acara sosialisasi ini diharapkan keuangan digital dan inklusi keuangan masyarakat Desa Wisata Lumban Bulbul dapat semakin maju dan berkembang.

"Kita juga berharap masyarakat agar memanfaatkan produk BTN dalam kegiatan usahanya, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang bertransaksi," tuturnya.

Di tempat yang sama, SME & Credit Program Business Officer Kantor Wilayah Sumatera, BTN Edison Ginting bahwa BTN sangat beruntung dapat berkontribusi dalam pengembangan parawisata di Desa Lumban Bulbul, Kabupaten Toba.

"Banyak produk tabungan yang dapat digunakan masyarakat desa binaan dalam mendukung transaksi keuangan terutama transaksi digital seperti QRIS dan juga penggunaan mesin EDC," jelasnya.

Edison Ginting mengatakan BTN juga dapat memberikan kredit modal kerja (KMK) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku usaha wisata yang dapat digunakan dalam penambahan modal usaha.

Menanggapi program ini, Kepala Desa Lumban Bulbul Melva Panjaitan mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat dan diharapkan masyarakat Desa Lumban Bulbul semakin maju dalam melakukan transaksi digital.

"Saya berharap setelah dari acara ini bantuan serta pelatihan jangan dilepas begitu aja, tetapi setiap saat selalu diperhatikan dan didorong dalam mendukung usaha UMKM di pantai Lumban Bulbul. Kemajuan parawisata di pantai Lumban Bul-bul tidak hanya dari masyarakat tapi seluruh sektor baik pemerintahan maupun lembaga keuangan," pungkasnya.

Diketahui bahwa untuk memajukan wisata di Desa Lumban Bulbul, BTN juga berkolaborasi dengan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintahan setempat.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi