Khalilah Azzura Nasution Harumkan Nama Bangsa di Event Iron Kids Triathlon

Khalilah Azzura Nasution Harumkan Nama Bangsa di Event Iron Kids Triathlon
Khalilah Azzura Nasution Harumkan Nama Bangsa di Event Iron Kids Triathlon (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Malaysia - Khalilah Azzura Nasution yang akrab disapa Cinta, kembali mengharumkan serta bangsa Indonesia khususnya Kota Medan dalam event internasional Iron Kids Triathlon yang berlangsung di Desaru Coast, Johor, Malaysia 17 Mei lalu.

Iron kids Triathlon merupakan bagian dari kalender dunia olahraga ekstrem Ironman Desain Coast 2024 diikuti para atlet mancanegara. Tahun ini kegiatan tersebut diikuti 122 peserta cilik dari 10 negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, Polandia, India Malaysia. Peserta terbagi atas dua kategori, yakni 7-10 tahun dan 11-15 tahun.

Di event yang menguji kecepatan dan ketangguhan fisik serta mental peserta itu, Cinta berhasil finish di peringkat ke dua setelah tahun lalu harus puas di posisi ke luma. Cinta berlomba di kategori anak perempuan usia 7-10 tahun, mengalahkan ratusan anak lain dari seluruh dunia.

Cinta menyelesaikan rangkaian trilomba meliputi berenang sepanjang 100 meter di laut, bersepeda sejauh empat kilometer dan diakhiri berlari 1,3 kilometer.

Keberhasilan Cinta yang saat ini masih duduk di kelas IV SD Al-Fithriah Medan Johor, tidak terlepas dari persiapan sebelumnya.

“Cinta telah mempersiapkan diri dengan latihan terjadwal dan konsisten di Medan,” ungkap Ivan Nasution didampingi Lia, orang tua Cinta.

Atas keberhasilannya sebagai finisher ke dua, Cinta menerima medali dan sertifikat. Nama Khalilah Azzura Nasution pun kembali dicatat dunia pada sportsplits.com.

Ivan Nasution menjelaskan, usai memperoleh empat medali pada ajang yang sama, insya Allah Cinta akan membentuk fisik dan mentalnya dengan menjalani serangkaian latihan fisik maksimal sebagai persiapan mengikuti triathlon yang nantinya digelar di beberapa negara lain.

Walau Cinta telah membuktikan keberhasilannya menjadi atlet cilik di cabang olahraga thriathlon, namun menurut Ivan Nasution dan diamini ibunda Cinta, gadis kecil ini juga mencintai cabang olahraga (cabor) sepatu roda yang telah banyak membangun mental dan fisik Cinta menjadi lebih baik.

“Kami sebagai orangtua sangat menyadari kedua cabor yang ditekuninya itu sangat berdampak positif untuk pertumbuhan Cinta yang akan beranjak memasuki usia remaja saat ini,” ungkap Ivan.

Begitu pun, Ivan berharap semoga Cinta tidak cepat puas atas pencapaiannya. Di sisi lain, dapat menginspirasi teman-teman lainnya untuk tidak ragu melakukan berbagai kegiatan positif yang hasilnya bukan hanya membanggakan orangtua, melainkan juga mengharumkan nama Kota Medan dan negara Indonesia.

(HEN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi