RPUST Bank Mestika Setujui Pembagian Dividen Rp 138 Miliar Atau Rp 34,27 per Lembar Saham

RPUST Bank Mestika Setujui Pembagian Dividen Rp 138 Miliar Atau Rp 34,27 per Lembar Saham
Bank Mestika melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Paparan Publik di Grand City Hall Medan, Senin (27/5/2024) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Medan - PT Bank Mestika Dharma Tbk (Bank Mestika) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Paparan Publik di Grand City Hall Medan, Senin (27/5/2024).

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) ini, Bank Mestika mengumumkan perolehan laba Perseroan (setelah pajak) sebesar Rp 417.136.268.995 (Rp 417 miliar).

Penggunaan laba Perseroan untuk tahun buku 2023 menyetujui pembagian dividen kepada Pemegang Saham sebesar Rp 138.007.647.776 (Rp 138 miliar) atau sebesar Rp 34,27 per lembar saham.

Direktur Utama PT Bank Mestika Dharma Tbk, Achmad S Kartasasmita mengatakan, pembagian dividen telah disetujui dalam RUPST 2023. Dividen yang dibagikan sekitar 4.027.068.800 lembar bagi para pemegang saham.

"Total, pemegang saham itu sudah dikurangi dengan saham treasuri yang dimiliki perseroan sebesar 63.021.200 lembar saham. Sehingga, pembagian dividen untuk per lembar saham sebesar Rp 34,27," kata Achmad.

Disebutkan, sesuai keputusan, memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk mengatur tata cara dan pelaksanaan pembayaran dividen tunai serta mengumumkannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sisa laba Perseroan akan digunakan untuk memperkuat rasio modal, pengembangan teknologi digital untuk peningkatan pelayanan kepada nasabah, memperkuat sistem dan memperluas operasional Perbankan dan peningkatan Sumber Daya Manusia.

RUPST Bank Mestika juga menyetujui beberapa mata acara lainnya, yakni:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan Direksi dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.
  2. Pemberian wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik Independen untuk mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun. buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2024 serta pemberian wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium Akuntan Publik yang akan ditunjuk tersebut.
  3. Penetapan Remunerasi (Gaji dan Tunjangan Lainnya) serta Tantiem Direksi dan Dewan Komisaris.
  4. Persetujuan Pembelian Kembali Saham untuk Pemenuhan Pemberian Remunerasi yang Bersifat Variabel.
  5. Penyampaian Rencana Bisnis Bank dan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan oleh Direksi (dalam mata acara ini tidak diambil keputusan).
Sedangkan untuk susunan Direksi Bank Mestika sebagai berikut:

  • Presiden Direktur: Achmad S Kartasasmita
  • Wakil Presiden Direktur: Hendra Halim
  • Direktur Kepatuhan: Andy
  • Direktur Umum: Yusri Hadi
  • Direktur Operasional: Harun Ansari
Untuk Dewan Komisaris:

  • Presiden Komisaris: Witarsa Oemar
  • Komisaris: Indra Halim
  • Komisaris Independen: Katio
  • Komisaris Independen: Gardjito Heru
Corporate Secretary Bank Mestika, Suharto Kurniawan menambahkan, hingga 31 Desember 2023, laba (net) Bank Mestika mencapai Rp 417.136 miliar atau turun dibandingkan 2022 sekitar Rp 523.104 miliar

Ada beberapa faktor yang membuat laba perbankan, salah satunya persaingan yang luar biasa diantara KBMI 1. Sehingga Bank Mestika harus mengikuti ritme kinerja Bank KBMI 1.

"Bank Mestika menurunkan bunga KPR cukup signifikan, karena harus bisa bersaing dengan bank-bank besar. Jika tidak, maka marketnya tidak tercapai. Pertumbuhan kredit 6,3 persen, kinerja debitur juga kurang mendukung. Jal-hal seperti itu yang membuat laba turun," paparnya.

Untuk Dana Pihak Ketiga (DPK) turun sedikit atau sekitar Rp 10,849 triliun dari 2022 sebesar Rp 10,931 triliun. DPK turun dinilai wajar, karena sedang ekonomi sudah semakin membaik setelah Covid-19.

Lalu, penyaluran kredit mulai meningkat lagi menjadi Rp 9,393 triliun pada 2023 dari 2022 yang masih Rp 8,836 triliun.

"Meski kredit bertumbuh, NPL Bank Mestika masih terjaga sangat baik atau hanya 0,69 persen. NPL yang terjaga menunjukkan kinerja Bank Mestika yang baik," terangnya.

Bank Mestika sudah tumbuh positif di 2023, namun manajemen terus berusaha meningkatkan kinerja di 2024. Salah satunya dengan meningkatkan variasi layanan digital perbankan kepada seluruh nasabah dengan menambah fitur-fitur dalam layanan digital.

Kemudian menerapkan keuangan berkelanjutan dalam setiap aspek kegiatan operasional dan bisnis perseroan. Juga menambahkan 3 jaringan kantor untuk mendukung pengembangan bisnis Bank Mestika agar dapat menjangkau daerah baru.

Pada RUPST 2023 Bank Mestika turut dihadiri sejumlah Direksi, yaitu Direktur Kepatuhan Wakil Bank Mestika, Andy, Wakil Presiden Direktur, Hendra Halim, Direktur Operasional, Harun Ansari, Direktur Umum Yusri Hadi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi