Pancasila Merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia

Pancasila Merupakan Anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia
Suasana upacara peringatan Harlah Pancasila di BRI Lubukpakam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Jajaran Insan BRILian di lingkungan Branch Office (BO) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Lubukpakam memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di halaman kantor Jalan Besar Medan-Lubukpakam, Sabtu (2/6).

Bertindak selaku Inspektur upacara Manager BO BRI Lubukpakam, Muhammad Maltha Agustira, dan komandan upacara petugas Satuan Pengamanan (Satpam) Pratama Ardiansyah, berlangsung lancar dan khidmat.

Maltha Agustira dalam kesempatan itu membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi yang menegaskan, Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya menjadi bintang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya.

Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideology yang bekerja, dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, bangsa Indoensia juga perlu keteladanan tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi