Fokus Kesehatan, Pariwisata, dan Infrastruktur, Sereida Tambunan Siap Maju Calon Bupati Toba

Fokus Kesehatan, Pariwisata, dan Infrastruktur, Sereida Tambunan Siap Maju Calon Bupati Toba
Sereida Tambunan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Putri asli dari Kabupaten Toba, Sereida Tambunan, siap maju sebagai calon Bupati Toba pada Pilkada 2024 mendatang. Kader dari PDI-P itu siap memajukan Toba dengan program prioritasnya, mulai dari pariwisata, kesehatan, hingga infrastruktur.

Sereida Tambunan yang sebelumnya merupakan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2014-2019 dan sekarang menjadi Sekretaris Internal DPP PDI-P, pada 5 Juni 2024 lalu secara resmi mendaftar sebagai bakal calon Bupati Toba.

"Alasan di balik keputusan saya untuk maju sebagai bakal calon bupati karena Toba merupakan kampung halaman saya sendiri," katanya usai menjalani fit and proper test atau wawancara di Kantor DPD PDI-P Sumut, Selasa (11/6).

Sereida mengatakan, dirinya telah aktif terlibat dalam partai sejak tahun 2004 dan telah memiliki pengalaman dalam gerakan sosial, terutama dalam advokasi tanah dan lingkungan hidup sejak tahun 90-an.

"Berangkat dari situ, saat saya menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, namun saat ini saya merasa terpanggil untuk kembali ke Toba, karena saya melihat perkembangan pariwisata di sana cukup lambat dan masih terdapat berbagai permasalahan yang perlu ditangani, seperti masalah sampah yang belum tertata dengan baik," ucapnya.

Sereida memilih takeline 'Toba Na Ture Jala Na Sere' yang artinya Toba yang tertata dan gemilang. Ia menjadikan perbaikan kondisi Toba sebagai tantangan utamanya, untuk memberikan kontribusi yang signifikan pada Kabupaten Toba.

"Menurut saya Toba ini sebagai kabupaten induk, dan saya lihat perkembangan pariwisatanya cukup lambat dan banyak hal di Toba kurang tertata, termasuk masalah sampah dan ini tidak tertata dengan baik," tuturnya.

Untuk melihat keadaan Toba saat ini, Sereida telah mengunjungi Toba untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat di sana. Ia turun langsung ke pasar-pasar untuk mendengarkan keluhan dan masukan dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta melihat langsung kondisi fasilitas pasar di Toba.

"Dari pengamatan saya turun langsung ke Toba. Saya percaya Toba memiliki potensi untuk menjadi daerah yang tertata dengan baik," jelasnya.

Kata Sereida, dirinya memiliki visi membawa Kabupaten Toba menuju keadaan yang lebih tertata, teratur, bersih, sehat, dan makmur secara ekonomi serta bebas dari praktik kolusi, korupsi, dan nepotisme, menuju Toba Gemilang 2035.

Sereida juga telah merumuskan program prioritas dalam visinya tersebut, yang meliputi pelestarian lingkungan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan, penguatan pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan ekonomi lokal, pembangunan infrastruktur dan teknologi, serta pemerintahan yang transparan dan inklusif.

"Dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Toba, saya berharap dapat mendapatkan pasangan yang tepat dari PDI-P. Saya menyerahkan keputusan tersebut sepenuhnya kepada partai dan menunjukkan bahwa PDI-P biasanya mempertimbangkan kemampuan seseorang untuk memimpin Toba dalam mengajukan pasangan calon," ungkapnya.

Seandainya Sereida dipasangkan dengan Poltak, ia menekankan keputusan akhir tetap berada di tangan partai.

"Namun demikian, ada harapan besar dari kaum perempuan untuk memimpin di Toba, terutama setelah saya melihat potensi yang ada dalam kunjungannya ke Toba," tambah Sereida.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi