Gempabumi Magnitudo 4,1 Getarkan Simeulue

Gempabumi Magnitudo 4,1 Getarkan Simeulue
Gempabumi Magnitudo 4,1 Getarkan Simeulue (BMKG)

Analisadaily.com, Aceh - Kabupaten Simeulue dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik, Rabu (19/6) pukul 09.39 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4.1. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.42° LU dan 95.52° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 km Barat Daya Sinabang-Aceh pada kedalaman 69 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di barat Sumatra atau populer disebut sebagai gempa dalam lempeng (intra-slab earthquake).

Berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Alafan dengan skala intensitas III MMI *(Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu)*.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Hendro Nugroho.

Gempabumi ini didahului 2 gempa kecil di lokasi yang sama dan juga dirasakan III MMI, yaitu pada pukul 09:32:25 WIB berkekuatan M3.6 dan 09:34:21 WIB berkekuatan M3.8. Hingga pukul 10:00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” imbau Hendro.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi