Musim Hujan, Warga Diimbau Perhatikan Gangguan Kesehatan Pascabanjir

Musim Hujan, Warga Diimbau Perhatikan Gangguan Kesehatan Pascabanjir
Anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai NasDem, Afif Abdillah, SE saat sosperda No.4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Jati III No.80 Lingkungan VII, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Minggu (15/9). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Musim hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda Kota Medan belakangan ini. Sehingga mengakibatkan banyak kawasan terdampak banjir. Untuk itu warga diminta agar memperhatikan hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan diri dan keluarga saat banjir terjadi maupun pasca terjadinya banjir.

"Banjir tidak hanya menghalangi kita beraktivitas dan merepotkan kita untuk membersihkan rumah yang terendam air, namun banjir juga sering memberikan dampak terhadap gangguan kesehatan. Hal ini juga harus diperhatikan dengan serius," ucap anggota DPRD Kota Medan Fraksi Partai NasDem, Afif Abdillah, SE saat menggelar Sosialisasi Produk Hukum Daerah Kota Medan No.4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan di Jalan Jati III No.80 Lingk. VII Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Minggu (15/9).

Dijelaskan Ketua Komisi III DPRD Kota Medan ini di hadapan ratusan warga yang hadir, banjir bisa menimbulkan sejumlah penyakit terhadap masyarakat yang rumah maupun kawasan tempat tinggalnya terendam banjir. Diantaranya penyakit demam berdarah, malaria, flu, demam, diare, penyakit kulit dan beragam penyakit lainnya.

"Dampak pascabanjir itu jangan sampai luput dari perhatian kita. Tidak cukup hanya membersihkan rumah yang terendam banjir. Namun juga harus membersihkan lingkungan tempat tinggal kita, khususnya menjaga kebersihan diri," ujarnya.

Afif pun meminta kepada masyarakat di untuk selalu memperhatikan wadah-wadah terbuka di sekitar tempat tinggal. Karena dapat menjadi sarana genangan air dan itu tempat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah.

"Kuras atau buang setiap genangan air. Bersihkan lalu tutup atau balikkan wadah-wadah yang bisa menjadi tempat genangan air, supaya tidak ada potensi untuk nyamuk berkembang biak," katanya.

Tak cukup sampai di situ, warga juga diminta agar rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun untuk mencegah berbagai penyakit infeksi yang kerap terjadi pasca banjir. Saat terjadinya banjir, warga juga diminta untuk semaksimal mungkin tidak beraktivitas di genangan air.

"Kemudian tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur," pungkasnya.


(MC)

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi