Safari Dakwah FKMI dan Perhimpunan Boru Lubis Kumpulkan Donasi Rp 127 Juta untuk Palestina

Safari Dakwah FKMI dan Perhimpunan Boru Lubis Kumpulkan Donasi Rp 127 Juta untuk Palestina
Safari Dakwah FKMI dan Perhimpunan Boru Lubis Kumpulkan Donasi Rp 127 Juta untuk Palestina (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Forum Komunikasi Muslimah Indonesia (FKMI) Sumut bersama Perhimpunan Boru Lubis, Huffazh Center Indonesia dan Ivan Iskandar Institute, menggelar Safari Dakwah yang menampilkan da’i nasional Syeikh Muhammad Jaber, Jumat (27/9).

Kegiatan yang dihadiri oleh para pengurus dan anggota komunitas tersebut berlangsung di Tulip Room Tiara Convention Center Medan.

Safari dakwah yang mengambil tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dan Peduli Kepada Sesama” itu juga digandengkan dengan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina, yang berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp127 juta.

Wakil Ketua FKMI Sumut, Sri Winarni menyatakan, donasi yang dihimpun dari para pengurus dan anggota komunitas akan disalurkan untuk membantu rakyat Palestina yang saat ini tengah kesulitan dan kelaparan di tengah gempuran serangan Israel.

“Kita sama-sama mengetahui bagaimana penderitaan rakyat Palestina saat ini. Mereka tidak memiliki rumah, kehausan dan kelaparan, kedinginan serta tidak memiliki akses yang memadai untuk kesehatan. Jadi dengan donasi yang dikumpulkan ini diharapkan mampu membantu meringankan kesulitan yang tengah dihadapi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesabaran dan kekuatan bagi rakyat Palestina untuk bertahan dalam situasi sulit tersebut,” katanya dalam sambutan yang disampaikan saat membuka safari dakwah.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Abu Daud dari IZI Sumut, Direktur Ivan Iskandar Institut Hasbi Maulana dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Dalam tausiahnya, Syeikh Muhammad Jaber mengingatkan kembali teladan dan akhlak Rasulullah yang patut diikuti oleh seluruh umat muslim. Karakter dan akhlak Rasulullah adalah Alquran, yang hebat dan sempurna. Bahwa tidak ada keselamatan bagi manusia kecuali dengan mengikuti Rasulullah.

“Rasulullah itu selalu menangisi dan mendahulukan umatnya. Ia selalu memohon ampunan kepada Allah SWT untuk umatnya. Dengan kasih sayang yang sebesar itu kepada umatnya, tidakkah kita juga ingin mencintai Rasulullah dengan sama besarnya? Jika ingin mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah, maka pelajarilah Alquran dengan baik. Jangan jauh dari Alquran dan sunatullah. Mempertahankan sholat itu berat, menjaga hijab itu berat, menjaga iman dan ketaatan juga berat. Mulailah dengan perlahan-lahan dan semakin lama akan semakin meningkat keimanan kita,” ujar Syeikh Muhammad Jaber.

Selain itu, Muhammad Jaber yang merupakan adik dari pendakwah terkenal Alm Syeikh Ali Jaber itu juga mengingatkan para hadirin untuk terus meningkatkan amal ibadah termasuk menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW.

“Donasi untuk Palestina yang dilakukan pada hari ini merupakan salah satu bentuk menafkahkan harta di jalan Allah SWT. Dahulu Rasulullah menghabiskan seluruh hartanya untuk umat dan itu yang harus kita teladani dan lakukan secara rutin. Niscaya akan membawa keberkahan dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Menutup kegiatan safari dakwah tersebut, dilakukan serah terima cenderamata berupa buku kajian yang ditulis Syeikh Muhammad Jaber, syal Palestina bagi para donatur dan foto bersama dengan Syeikh Muhammad Jaber.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi