Poco M4 Pro 2024: Smartphone Handal dengan Harga Terjangkau

Poco M4 Pro 2024: Smartphone Handal dengan Harga Terjangkau
Poco M4 Pro 2024: Smartphone Handal dengan Harga Terjangkau (Internet)

Kemajuan teknologi telah menciptakan produk-produk smartphone yang berkualitas. Salah satunya adalah Poco Series, yang masuk dalam kategori middle class. Poco merilis ponsel dengan spesifikasi handal di kelas harga Rp 3 jutaan.

Poco M4 pro pantas mendapatkan spesifikasi tinggi ini karena memang dikonsep untuk standar bermain game. Tetapi sebenarnya masih banyak Poco series yang mampu memberikan kenyamanan dalam bermain game. Kamu juga bisa mempertimbangkan Poco X5 Pro.

Agar kamu tidak bingung memilih diantara kedua ponsel tersebut, maka ada kamu harus tahu beberapa keunggulan dari Poco M4, diantaranya adalah:

1. Desain dan layar

Hadir dengan warna kuning, warna metalik pada bodinya memberikan kesan terbuat dari baja ringan. Ketika kamu menyentuhnya maka akan terasa ringan. Warna metalik dan penutup belakang berbahan karet memberikan tampilan kokoh pada ponsel ini.

Bagian kamera M4 Pro menonjol beberapa millimeter, sehingga ponsel tidak bisa diletakkan di atas meja yang rata. Desain ini menimbulkan kekhawatiran area kamera akan gompal karena tidak rata saat diletakkan. Untuk itu, kamu disarankan untuk menggunakan casing pelindung.

Desain Poco M4 Pro mengingatkan pada desain ponsel yang membosankan. Namun pada ponsel ini, Poco telah menempatkan pemindai sidik jari di bagian samping yang juga berfungsi sebagai tombol power.

Sementara di kiri atas terdapat lubang untuk jack headphone 3,5 milimeter sehingga memungkinkan kamu menggunakan headphone atau nirkabel. Kemewahan ponsel ini bisa kamu rasakan saat layarnya dihidupkan, M4 Pro menjadi ponsel pertama di seri POCO M yang menggunakan layar Super AMOLED.

Layar jernih ini menggunakan resolusi full HD dengan ukuran lebar 6,43 inci. Poco mendukung ponsel ini dengan fungsi kecerahan otomatis, ponsel secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar.

Sayangnya, selama beberapa minggu penggunaan, fitur ini memerlukan waktu untuk mengatur kecerahannya. Poco menawarkan refresh rate 90Hz dan touch sample rate 180Hzuntuk refresh rate, pengguna dapat memilih 60Hz atau 90Hz.

Jika kamu gemar bermain game, pengguna bisa meningkatkan refresh rate hingga 90Hz agar bermain game semakin menyenangkan.

2. Sistem operasi

Poco M4 Pro ini berjalan pada MIUI 13, sistem operasi terbaru dari Xiaomi. Meski penggunaannya tidak menurunkan performa Poco M4 Pro, namun sayang ponsel ini masih berbasis Android 11. Dari segi antarmuka pengguna, MIUI 13 mengingatkan pada perangkat Apple, terutama ketika kamu menghilangkan drawer di bagian atas layar ponsel.

Ikon-ikon di layar disusun dalam lingkaran dan persegi panjang tanpa sisi. Fitur-fitur ini menyediakan secara komprehensif, pengguna dapat mengakses berbagai pintasan dari satu halaman. Saat menggunakan ponsel ini, maka kamu sedikit kesulitan mengakses drawer dari layar bawah.

Alih-alih satu, POCO menawarkan dua laci yang dapat diakses dari atas layar. Dengan mengklik sisi kiri layar, pengguna akan melihat drawer notifikasi. Di layar kanan, untuk mengakses pintasan. Proses ini rumit karena pada umumnya antarmuka ponsel hanya menyediakan satu drawer, baik dari layar kanan maupun dari kiri.

3. Performa

Ponsel ini menggunakan chip MediaTek Helio G96 yang ditujukan untuk gamer kelas menengah. Poco memadukan chip ini dengan RAM 8GB. Meski berukuran besar, M4 Pro tetap hadir dengan fitur penambah RAM yakni Dynamic RAM Expansion Technology.

Dengan teknologi ini, RAM akan mendapat tambahan kapasitas 3 GB saat ponsel beraktivitas seperti bermain game. RAM secara otomatis akan mengambil alih kapasitas ROM atau penyimpanan internal. POCO menawarkan kapasitas penyimpanan internal yang besar yakni 256 GB karena ponsel ini untuk bermain game.

Saat digunakan memainkan PUBG Mobile, game mobile dengan refresh rate 90Hz, kamu tidak mengalami kendala seperti ngelag. Bermain gamenya sangat menyenangkan dan grafis nyamemuaskan.

4. Baterai

Poco M4 Pro memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. Saat bermain PUBG Mobile, ANTARA menggunakan baterai 7% untuk bermain selama 17 menit. Saat ponsel terus bermain selama 30 menit, bagian atas ponsel, tempat kamera berada, menjadi sedikit panas, namun hal ini tidak mempengaruhi pengoperasian ponsel.

Poco menggunakan sistem pendingin berteknologi Liquid Cooluntuk menjaga suhu ponsel. Untuk meningkatkan pengalaman bermain game, pengguna dapat mengaktifkan fitur Gaming untuk meningkatkan kinerja ponsel.

POCO menawarkan pengisi daya cepat 33W di dalam bodi ponsel. Kamu membutuhkan waktu 1,5 jam untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100 persen. Baterainya yang besar membuat ponsel ini awet digunakan sehari-hari meski untuk aktivitas berat.

Saat kamu menggunakan ponsel ini untuk pekerjaan berat, tanpa game, sekitar 14 jam, baterainya masih tersisa 21%. Jika kamu mengaktifkan mode hemat daya, maka ponsel ini masih memiliki sisa sekitar 20% untuk digunakan selama 1,5 hari untuk tugas berat.

Jika kamu menginginkan kinerja ponsel ini lebih hemat, maka kamu bisa matikan fitur-fitur yang tidak terpakai seperti lokasi, Bluetooth, NFC dan getaran untuk menghemat energi.

5. Kamera

Review ponsel tidak lengkap jika kamu tidak mencoba kameranya. Di M4 Pro, Poco menawarkan kamera utama 64MP. Untuk menyalakannya maka ketuk more dan ketuk ikon 64 MP. Keunggulan kamera 64MP ini adalah gambarnya tidak pecah meski diperbesar.

Kapasitas foto menggunakan kamera 64MP juga besar, bisa mencapai 10MB. Saat ini foto dengan kamera bawaan berukuran sekitar 3MB.

Poco M4 Pro memiliki pengaturan tiga kamera belakang. Selain 64MP, M4 Pro hadir dengan kamera sudut ultra lebar 8MP. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan 64MP dimatikan. Kemudian, dari gambar default, pilih mode zoom 0,6x.

Bidang pandang kamera menjadi 118 derajat saat kamu menggunakan lensa ini untuk mengambil gambar. Hasil foto dengan Lensa Ultra Wide Angle Poco M4 Pro 8MP terlihat sangat baik sehingga tidak diragukan untuk fotografi. Begitu juga hasil foto dengan kamera belakang.

Kamera terakhir berukuran besar 2MP yang bisa digunakan untuk menangkap detail subjek foto. Menggunakan M40 Pro, maka kamu menemukan kualitas lensanya tidak sejernih dua kamera lainnya. Hasil foto dengan lensa makra 2MP Poco sangat baik dalam menghasilkan gambar.

Pada kamera depannya, Poco mendukung M4 Pro dengan kamera selfie 16MP. Kamera depannya juga memungkinkan kamu mengambil foto dengan efek potret atau bokeh.

Kesimpulan

Poco M4 Pro masih memiliki kekurangan pada beberapa bagian. Tetapi tetap layak digunakan karena fitur lainnya maksimal, terutama kapasitas baterainya.

Keunggulan lainnya, Poco M4 Pro memiliki sertifikasi IP53 yang tahan terhadap cipratan dan debu. Ketika kamu menggunakan smartphone ini pada kondisi hujan, maka performa ponsel tidak menghalangi masalah. Ponsel tetap bisa hidup meski terkena cipratan air.

Ponsel ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk middle class, untuk memilikinya maka kamu harus merogoh kocek Rp3.499.000 untuk model 8GB + 256GB.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi