Anggota DPRA Dilantik 30 September

Banda Aceh, (Analisa). Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) periode 2014-2019 yang berjumlah 81 orang hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, dijadwalkan akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Banda Aceh, Chaidir, SH,MH pada 30 September 2014.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRA, A.Hamid Zein,SH menyebutkan, berkas surat keputusan nama-nama Anggota DPRA terpilih tersebut sudah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta beberapa waktu lalu, yang diterima Direktur Fasilitas Kepala Daerah dan DPRD.

“Jadi, setelah berkas kita serahkan kemudian Kemendagri mempelajari berkas, baru Mendagri meng-SK-kan. Pengambilan sumpah jabatan anggota dewan yang baru berlangsung dalam rapat paripurna DPRA pada akhir bulan September ini,” ujar Hamid Zein, Minggu (21/9) seraya menambahkan, persiapan acara tersebut sedang dan sudah dilakukan Sekretariat DPRA, termasuk mengundang berbagai kalangan.

Dari 81 kursi DPRA periode lima tahun ke depan, Partai Aceh (PA) mendapat jumlah terbanyak dengan 29 kursi (35,80 persen), Partai Golkar 9 kursi (11,11 persen), Partai NasDem dan Partai Demokrat 8 kursi (9,88 persen), Partai Amanat Nasional (PAN) 7 kursi (8,64 persen).

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 6 kursi (7,41 persen), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 4 kursi (4,94 persen), Partai Gerindra dan Partai Nasional Aceh (PNA) 3 kursi (3,70 persen), PKB, PBB, PKPI dan Partai Damai Aceh (PDA) 1 kursi (1,23 persen).

Ke-81 Anggota DPRA terpilih tersebut dari 10 daerah pemilihan (Dapil), untuk Partai Aceh masing-masing Akhyar A.Rasyid, Saifuddin, Abubakar Bin Usman, Tgk. Muhammad Harun, Tgk.Anwar Ramli, Makrum Thahir, Hj.Ummi Kalsum, Zulfadhli, Kautsar, Efendi, Adam Mukhlis, Abu Bakar A. Latif (Abu Len), Ermiadi Abdul Rahman, Tgk.Muharuddin, Azhari, Sulaiman, Tarmizi, Muhammad Isa, Ridwan Abu Bakar (Nek Tu), Tgk.Usman, Iskandar Usman, Jainuddin, Nurzahri, Rusli, Muhammad Amru, Tgk. Khalidi, Siti Nahziah, Dra.Hj. Mariati, dan Abdullah Saleh,SH.

Dari Partai Golkar terdiri atas Drs.Sulaiman Abda, Nurlelawati, Hj.Fauziah HM. Daud, Iberamsyah, drh.Nuraini Maida, Hj.Yuniar, SP, Drs.Aminuddin, M.Kes, M. Saleh, dan Zuriat Suparjo, SP. Partai NasDem Teuku Irwan Johan, Saifuddin Muhammad, Ramadhana Lubis, T.Rudi Fatahul Hadi, Fatimah, Zulfikar ZB Lidan, Yunardi Natsir, dan Djasmi Has.

Partai Demokrat HT.Ibrahim, ST, Dalimi, SE.Ak, Ir.Alaidin Abu Abbas, Ir.HT. Hasdarsyah, Drs.Jamaluddin T.Muku, Jamidin Hamdani, M.Tanwier Mahdi, dan T. Iskandar Daod. PAN Ir.Mawardi Ali, Ir. Sulaiman Ary, Hj.Ismaniar, Asrizal H.Asnawi, Buhari, Ir.Hj.Liswani, dan Mohd. Al Fatah. PPP Musannif, Murdani Yusuf, Tgk.H. Muchtar A Al-Khutby, Darmawan, Muhibbussubri, dan Teuku Hamdani.

PKS Ghufran Zainal Abidin, Bardan Sahidi, Makhyaruddin Yusuf dan Zaenal Abidin. 3 dari Partai Gerindra, Abdurrahman Ahmad, Kartini Ibrahim dan Asib Amin. 3 dari PNA, Darwati A. Gani, Samsul Bahri Amiren dan Dedi Safrizal. PKB Syarifuddin, PDA Tgk Muhibbussabri A Wahab, PBB Sjech Ahmaddin, PKPI Hendri Yono.

Sementara itu, menjelang pelantikan Anggota DPRA, sejumlah nama calon Ketua DPRA periode 2014-2019 mulai beredar. Ketua DPRA itu dipastikan menjadi milik Partai Aceh sebagai pemenang Pileg.

Diunggulkan

Sosok yang diunggulkan menjadi ketua di antaranya adalah Ridwan Abubakar. Ia rencananya juga akan ditunjuk sebagai ketua sementara DPRA usai dilantik nanti. “Saya siap jika ditunjuk dan menerima apapun keputusan Tuha Peut dan pimpinan Partai Aceh,” katanya.

Sosok yang diunggulkan lainnya adalah Tgk.Anwar Ramli, Anggota DPRA terpilih dari Dapil 2 Pidie dan Pidie Jaya, kemudian Tgk.Muharuddin yang melaju ke Gedung DPRA periode kedua dari Dapil Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe. Terakhir, Ermiadi Abdul Rahman.

Dari Partai Golkar, Sulaiman Abda dalam keanggotaan legislatif periode 2014-2019 di DPRA akan menjadi Wakil Ketua I. Dasar penetapannya menjadi Wakil Ketua DPRA adalah Pasal 303 UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang menjelaskan, partai yang menjadi pemenang atau peraih suara terbanyak II akan menjadi wakil ketua I.

Sementara DPP Partai NasDem mempercayakan Teuku Irwan Djohan sebagai Wakil Ketua III DPRA periode 2014-2019. Ini sesuai surat keputusan Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh dan Sekjen, Patrice Rio Capella. “Dari delapan nama yang kita anggap layak, Teuku Irwan Djohan yang dipercayakan jadi Wakil Ketua DPRA,” ujar Ketua DPW NasDem Aceh, Zaini Djalil. (mhd)

()

Baca Juga

Rekomendasi