Raih Emas, Rahmat Abdullah Lifter Masa Depan Indonesia

Raih Emas, Rahmat Abdullah Lifter Masa Depan Indonesia
Lifter muda Indonesia, Rahmat Abdullah meraih medali emas di SEA Games 2019, Rabu (4/12) (Analisadaily/Ramses Manurung)

Analisadaily (Manila) - Abdullah Rahmat, lifter putra Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih setelah sukses memenangkan perebutan medali emas keempat dari cabang angkat besi 71 kilogram di SEA Games 2019, Rabu (4/12).

Rahmat tampil gemilang dan merebut medali emas dengan mencatat total angkatan 322kg (145kg Snatch, 177kg Clean and Jerk) di Hall Angka Besi Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina.

Medali perak diraih lifter asal Vietnam, Pham Tuan Anh dengan total angkatan 304kg (136kg Snatch, 168kg Clean and Jerk) dan perunggu dibawa pulang lifter Malaysia, Muhammad Hery Hidayat, total angkatan 300kg (132kg Snatch, 168kg Clean and Jerk).

Rahmad Abdullah adalah putra semata wayang lifter peraih emas SEA Games Vietnam 2003 dan perak Asian Games Bhusan, Korea Selatan 2002, Erwin Abdullah.

"Alhamdulillah saya berhasil meraih emas. Terus terang sebenarnya saya merasakan tekanan sebelum tanding. Karena teman-teman yang tampil duluan berhasil meraih medali. Makanya senang dan bangga banget karena akhirnya bisa mempersembahkan yang terbaik," kata Rahmat usai tanding.

"Ini SEA Games pertama buat saya. Dan saya sangat termotivasi harus bisa meraih prestasi yang lebih baik dari ayah saya," tambah Rahmat.

Lifter Masa Depan

Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Djoko Pramono, mengaku bangga dengan prestasi Rahmat. Menurutnya, Rahmat adalah lifter muda yang sangat potensial yang diharapkan dapat menjadi andalan Indonesia di masa depan.

"Di SEA Games Filipina, telah lahir lifter masa depan Indonesia, Cindy Cantika dan Rahmat Abdullah. Keduanya anak mantan lifter yang pernah mengukir prestasi cemerlang di ajang internasional. Cindy itu berusia 17 tahun, sedangkan Rahmat Abdullah berusia 19 tahun yang baru pertama tampil di SEA Games. Mereka adalah lifter muda yang punya prospek menggantikan lifter senior di masa depan," kata Joko.

Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Harry Warganeara, mengapresiasi Tim Angkat Besi Indonesia meraih empat emas, satu perak dan lima perunggu di ajang SEA Games 2019.

Ia berharap, kesuksesan Tim Angkat Besi menular ke cabor-cabor lain.

"Saya sangat mengapresiasi prestasi yang telah diraih Tim Angkat Besi Indonesia dengan menyumbangkan 4 emas, 1 perak dan 5 perunggu bagi Kontingen Indonesia. Dengan komposisi medali itu berarti dari 10 lifter yang diberangkatkan ke Manila semuanya meraih medali,” ujar Harry.

“Ini prestasi yang patut dibanggakan apalagi PB PABBSI mampu melahirkan lifter muda seperti Cindy dan Abdullah Rahmat yang merebut medali emas pada penampilan perdananya," pungkas Harry.

(RMS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi