Sepekan Terakhir, 14 Gempa Bumi Mengguncang Sumbagut

Sepekan Terakhir, 14 Gempa Bumi Mengguncang Sumbagut
llustrasi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily (Medan) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I mencatat 14 gempa bumi terjadi di Sumatera Bagian Utara sepekan memasuki Desember 2019.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, mengatakan dari 14 gempa bumi tersebut, 9 diantaranya berpusat di daratan dan 5 lainnya berpusat di lautan.

"Sedangkan untuk tingkat kedalaman, gempa bumi dangkal (hiposenter <60 km) ada 10 kejadian, sedangkan gempa bumi menengah (60 km <=hiposenter<300 km) ada 4 kejadian," kata Edison, Senin (9/12).

Edison menjelaskan bahwa gempa bumi berkekuatan kecil (M <4) sebanyak 12 kejadian dan gempa bumi dengan kekuatan sedang (4<=M<5) 2 kejadian.

"Peningkatan aktivitas gempa bumi terjadi di wilayah Tapanuli Selatan dan Aceh Besar," jelasnya.

BBMKG mencatat gempa bumi terbesar terjadi dua kali pada 1 Desember 2019 pukul 20.04 WIB dengan kekuatan 4.7 magnitudo yang bersumber dari patahan Toru. Gempa bumi tersebut dirasakan pada skala II-III MMI di Pinangsori, Pangaribuan dan Taruntung.

"Kemudian gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 pada 5 Desember 2019 pukul 14.50 WIB yang bersumber di patahan Seulimeum. Gempa bumi ini juga dirasakan pada skala II-III MMI di Sukamakmur Aceh Besar, Pidie, Peukan Banda Aceh, Aceh Jaya, dan Mata Ie," jelasnya.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi