Gempa Bumi 6,9 Magnitude Guncang Mindanao Filipina, Dirasakan di Sulut

Gempa Bumi 6,9 Magnitude Guncang Mindanao Filipina, Dirasakan di Sulut
Pusat gempa bumi (Analisadaily/BMKG)

Analisadaily (Sulawesi Utara) - Sulawesi Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 6,9 magnitude, selanjutnya dilakukan pemutakhiran 6,8 magnitude.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa bumi terjadi pukul 13.12 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6.64 Lintang Utara dan 125.24 Bujur Tilur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 334 Km arah Barat Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 37 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal di wilayah Mindanao,” kata Rahmat, Minggu (15/12).

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser mendatar. Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Sangihe II - III MMI MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ucapnya.

Hingga pukul 13.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” imbau Rahmat.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi