Pengamat Politik: Golkar Harus jadi Leader Koalisi Parpol

Pengamat Politik: Golkar Harus jadi Leader Koalisi Parpol
Pengamat Politik Universitas Sumatera Utara (USU), Faisal Andri Mahrawa, Sabtu (21/12) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily (Medan) - Partai Golkar dinilai punya komitmen kuat mengusung kader murni di Pilkada Serentak. Tim Pilkada partai berlambang beringin didorong menjemput bola melakukan komunikasi ke Parpol lain.

Hal itu disampaikan Pengamat Politik Universitas Sumatera Utara (USU) Faisal Andri Mahrawa. Komitmen Partai Golkar mengusung kader murni di Pilkada Serentak mendapat sambutan positif, khususnya bagi internal partai.

"Apalagi sudah ditegaskan Plt Ketua Golkar Sumut, tidak ada mahar. Ini kesempatan baik bagi kader-kader aktif Partai Golkar yang berniat bertarung di Pilkada," kata Faisal, Sabtu (21/12).

Faisal yang juga Pendiri Sekolah Kebangsaan Pemuda Indonesia (SKPI) itu mendorong agar Tim Pilkada yang dibentuk Partai Golkar segera menyahuti kesempatan tersebut.

"Ambil inisiatif, segera berkomunikasi dengan Parpol lain untuk rencana koalisi. Partai Golkar jangan menunggu dan harus take leader (memimpin) koalisi nantinya, karena berpengalaman," ucap Faisal.

Faisal juga menyinggung soal Pilkada Medan. Menurutnya, pengalaman Golkar memimpin tim koalisi dan memenangi Pilkada Kota Medan dua kali berturut-turut, harus menjadi lebih baik lagi pada Pilkada 2020.

"Ada kader murni yang harus diusung bertarung di Pilkada Medan karena dua Pilkada sebelumnya tak ada. Berhubung cuma punya empat kursi di parlemen, komunikasikan saja dengan Parpol lain," sarannya.

"Bisa saja Golkar menempatkan nama Rolel Harahap sebagai Wakil Walikota yang memang terlihat serius untuk bertarung. Dan sekali lagi, Golkar harus take leader di tim koalisi," sambung Faisal.

Begitu juga dengan Pilkada lain di Sumatera Utara. Sebagai partai terbuka, Golkar disarankan tidak menunggu dan mengambil inisiatif memimpin koalisi dengan parpol lain.

"Yang penting jangan menunggu dan segera komunikasi dengan parpol lain," tegas Faisal.

Lalu, sebesar apa keseriusan Partai Golkar mengusung kadernya sendiri di Pilkada Serentak? Menjawab ini, Faisal menilai pertanyaan itu bisa dikaitkan dengan hasil Munas X Partai Golkar kemarin.

"Munas yang menetapkan Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum merupakan sinyal bahwa partai ini serius membangun komitmen bersama," Faisal menandaskan.

(RZD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi