Meninggal Saat Tugas, Brigadir Surianto Diberi Kenaikan Pangkat

Meninggal Saat Tugas, Brigadir Surianto Diberi Kenaikan Pangkat
Kapolda Sumut, Irjen Pol. Martuani Sormin, melayat ke rumah almarhum Brigadir Surianto di Jalan Setia Indah, Kecamatan Sunggal, Kamis (26/12) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily (Deli Serdang) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol. Martuani Sormin, melayat ke rumah duka almarhum Brigadir Surianto yang meninggal akibat ditabrak truk saat melaksanakan tugas Operasi Lilin Toba 2019 di Jalan Kayu Besar, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang.

Kedatangan Martuani ke rumah duka di Jalan Setia Indah, Gang Wakaf, Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga almarhum.

Selain Kapolda Sumut, turut hadir Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja, Kapolresta Deli Serdang AKBP Yemmi Mandagi, PJU Polda Sumut dan Polresta Deli Serdang.

Irjen Pol. Martuani Sormin mengatakan, Brigadir Surianto meninggal dunia setelah sepeda motor yang dikendarainya ditabrak truk di KM 23-24, tepatnya di dekat Yayasan Perguruan Karya Jaya, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/12)

"Anak buah saya itu meninggal dunia saat menjalankan tugas pengamanan Natal Ops Lilin Toba 2019," kata Martuani, Kamis (26/12).

Martuani mengaku susah melaporkan kejadian tersebut kepada Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz agar almarhum Brigadir Surianto mendapatkan kenaikan pangkat anumerta.

"Musibah itu sudah saya sampaikan ke Kapolri. Nanti almarhum akan mendapatkan kenaikan pangkat dari Brigadir menjadi Bripka," ungkapnya.

Untuk diketahui, Brigadir Surianto meninggal hari Rabu (26/12) sekitar pukul 12.50 WIB. Saat itu korban berangkat dari Polresta Deli Serdang menuju Pospam Kayu Besar, Tanjung Morawa, untuk melaksanakan pergantian piket Pospam menggunakan sepeda motor Yamaha Mio BK 5409 MG.

Jenazah Brigadir Surianto sebelum diberangkatkan ke peristirahatan yang terakhir
Setibanya di KM 23-24 dekat Yayasan Perguruan Karya Jaya, tiba-tiba dari arah berlawanan (dari Kota Medan) muncul truk Colt Diesel BK 9551 VK yang ingin mendahului kendaraan di depannya dan memakan jalur sebelah kanan hingga menabrak korban.

Setelah menabrak Brigadir Surianto, truk tersebut juga menabrak rumah penduduk di seberang jalan.

Akibat kecelakaan tersebut, Brigadir Surianto mengalami luka robek dan memar di kepala serta luka lecet di tangan dan kaki. Tak berselang lama korban menghembuskan napas terakhirnya.

Sejauh ini polisi sudah menangkap kernet truk. Sementara sopir truk yang melarikan diri masih dalam pengejaran.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi