Peneliti Gunakan Ultrasonik Merusak Sel Kanker

Peneliti Gunakan Ultrasonik Merusak Sel Kanker
Ilustrasi (Ubergizmo)

Analisadaily.com, California - Teknologi ultrasound telah digunakan untuk menghancurkan tumor. Ini merupakan sesuatu yang telah dilakukan untuk sementara waktu dan alternatif untuk operasi invasif.

Namun tidak hanya untuk itu, ultrasound ini juga digunakan untuk menghancurkan sel kanker dan sel sehat secara bersamaan, yang jelas kurang ideal.

Para peneliti di Institut Teknologi California dan Lembaga Penelitian City of Hope Beckman telah menemukan cara baru menggunakan teknologi ultrasonografi yang secara selektif dapat menargetkan sel-sel kanker.

Ini dilakukan dengan membalik frekuensi ultrasound dan membuat ultrasound intensitas rendah yang dapat menemukan dan menghancurkan tumor.

Teori ini pertama kali dikembangkan di laboratorium di Caltech, yang menyarankan, mungkin sel-sel tertentu rentan terhadap USG pada frekuensi tertentu.

“Proyek ini menunjukkan, ultrasound dapat digunakan untuk menargetkan sel-sel kanker berdasarkan pada sifat mekanisnya,” kata salah satu peneliti, David Mittelstein dilansir dari Ubergizmo, Kamis (9/1).

“Ini adalah bukti konsep yang menarik untuk jenis baru terapi kanker yang memiliki penanda molekuler yang unik atau ditempatkan secara terpisah dari sel-sel sehat yang menjadi target,” tambahnya.

Editor:  Christison Sondang Pane

Baca Juga

Rekomendasi