Erupsi Gunung Api Taal, Penerbangan di Bandara Manila Dibatalkan

Erupsi Gunung Api Taal, Penerbangan di Bandara Manila Dibatalkan
Gunung api Taal erupsi (BBC)

Analisadaily.com, Filipina - Seluruh penerbangan yang melalui Gunung Api Taal dibatalkan karena muntahan abu vulkanik dan dapat membahayakan pesawat.

Otoritas bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila memberitahukan kepada maskapai agar membatalkan penerbangan demi alasan keamanan dan keselamatan.

Oleh sebab itu, para calon penumpang pesawat diminta agar menghubungi pihak maskapai untuk koordinasi lebih lanjut hingga himbauan larangan penerbangan dicabut.

Sebelumnya Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), Renato Solidum mengatakan, gunung berapi itu telah menunjukkan aktivitas seismik tingkat sedang hingga tinggi sejak Maret 2019.

“Pada hari Minggu (12/1), Phivolcs mencatat tiga gempa bumi, yang pertama pada pukul 07.35 pagi diikuti oleh dua lagi pukul 10.43 pagi dan 02.00 dini hari,” sebutnya, Senin (13/1).

Taal adalah gunung berapi paling aktif kedua di Filipina dengan 34 letusan yang tercatat dan terakhir terjadi pada tahun 1977 dan tidak menyebabkan korban atau kerusakan.

Adapun dua dari letusan paling merusak dari erupsi Taal terjadi pada tahun 1911, menewaskan 1.335 orang, dan pada tahun 1965, menewaskan sekitar 200 di desa-desa terdekat.

Gunung api Taal termasuk dalam jenis stratovolcano dan menjadi salah satu gunung api terkecil di dunia.

(RZD)

Baca Juga

Gunung Api Taal di Filipina Meletus
13 Jan 2020 12:52 WIB

Gunung Api Taal di Filipina Meletus

Rekomendasi