Status Gunung Api Taal di Filipina Naik

Status Gunung Api Taal di Filipina Naik
Gunung api Taal di Filipina erupsi (CNN)

Analisadaily.com, Filipina - Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) menaikkan status Gunung Api Taal menjadi bahaya dari level dua ke level tiga dengan indikasi adanya intrusi kenaikan level dari dapur magma yang signifikan.

Dalam perkembangannya, Phivolcs mengeluarkan pernyataan bahwa erupsi bisa berlangsung selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Phivolcs memperingatkan masyarakat untuk menjauh dari Pulau Gunungapi yang berlokasi di tengah danau, tempat gunung berapi itu berada.

“Komunitas pesisir terdekat diminta untuk mengambil tindakan pencegahan dan waspada terhadap kemungkinan gangguan air danau terkait erupsi yang sedang berlangsung,” imbauan Phivolcs, Senin (13/1).

Direktur Phivolcs, Renato Solidum mengatakan, gunung berapi itu telah menunjukkan aktivitas seismik tingkat sedang hingga tinggi sejak Maret 2019.

“Pada hari Minggu, Phivolcs mencatat tiga gempa bumi, yang pertama pada pukul 07.35 pagi diikuti oleh dua lagi pukul 10.43 pagi dan 02.00 dini hari,” sebutnya.

Allan Loza, seorang spesialis penelitian sains di Phivolcs, mengatakan, ledakan freatik secara historis terjadi sebelum letusan besar.

“Tetapi ada beberapa contoh kasus ketika gejala itu tidak terjadi. Oleh sebab itu kita harus terus memantau,” tambahnya.

Phivolcs mengatakan juga mengamati adanya deformasi dari struktur gunungapi selama erupsi.

(RZD)

Baca Juga

Gunung Api Taal di Filipina Meletus
13 Jan 2020 12:52 WIB

Gunung Api Taal di Filipina Meletus

Rekomendasi