Berkunjung ke KPU Medan, Kapolrestabes Siap Kerjasama Sukseskan Pilkada 2020

Berkunjung ke KPU Medan, Kapolrestabes Siap Kerjasama Sukseskan Pilkada 2020
Kunjungan Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Jhonny Edion Isir ke Kantor KPU Medan, Senin (13/1) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dan Polrestabes Medan menyatakan kesiapan dalam bekerja sama menyukseskan Pilkada 2020. Segala potensi masalah harus diantisipasi sejak dini.

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik, mengapresiasi kunjungan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Jhonny Edison Isir ke Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan, No. 37, Senin (13/1).

Dalam kesempatan itu disampaikan perkembangan tahapan Pilkada 2020 yang sudah dan akan berlangsung ke depannya.

Agussyah berharap kerja sama yang baik terbangun untuk mencapai tujuan suksesnya Pilkada Medan 2020 dari sisi partisipasi pemilih, pengawasan dan stabilitas. Karena itu dalam setiap tahapan KPU Medan akan selalu menggelar rapat koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait di Kota Medan.

"Sebetulnya kemarin kami berkirim surat untuk audiensi dan berkoordinasi ke Polrestabes Medan. Tapi ternyata Pak Kapolrestabes yang ingin langsung datang ke Kantor KPU Medan. Karena itu kami sangat mengapresiasi," kata Agussyah.

Dalam kunjungan ini Kapolrestabes Medan didampingi Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Akhyan, Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing, Kanit Intelkam Polsek Medan Baru Iptu Siswoyo.

Rombongan Kapolrestabes Medan langsung disambut oleh Ketua Komisioner KPU Kota Medan yaitu Agussyah R. Damanik, Komisioner KPU Kota Medan, Zefrizal, Rinaldi Khair, Nana Miranti, Edi Suhartono dan Sekretaris KPU Medan Nirwan.

Agussyah menyampaikan KPU Medan nantinya memiliki peta potensi kerawanan dari sisi penyelenggaraan kepemiluan yang perlu disandingkan dengan potensi masalah yang dimiliki Polrestabes Medan dari sisi keamanan. Untuk itu perlu ada kerja sama dan koordinasi yang baik.

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Jhonny Edison Isir, berbincang dengan komisioner KPU Medan
"Salah satu potensi kerawanan yang biasanya muncul adalah dari sisi pendataan pemilih. Karena hal ini terkait dengan tinggi rendahnya partisipasi pemilih. Migrasi pemilih dari luar Kota Medan masuk ke Kota Medan jelang pemilihan biasanya terjadi. Apalagi jika ada mobilisasi. Hal ini menjadi potensi masalah yang perlu diantisipasi bersama," terang Agussyah.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Jhonny Edison Isir menyebut, dari sisi kepolisian sukses pilkada adalah bagaimana pemilihan bisa berlangsung aman dan damai.

"Sedangkan dari sisi penyelenggara adalah tingkat partisipasi pemilih dan dari sisi pengawasan bagaimana meminimalisir kecurangan. Ketiga hal tersebut tentu perlu kerja sama dan koordinasi yang baik dalam mewujudkannya," ucap Jhonny.

Jhonny dalam kesempatan itu juga meminta gambaran umum potensi kerawanan dari sudut pandang penyelenggara. Agar dirinya juga dapat mengetahui langkah yang dapat dilakukan dari sisi keamanan.

"Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan diri, dimana saya baru bertugas di Medan. Selanjutnya saya juga ingin membangun komunikasi dan sinergitas yang sudah terjalin selama ini dengan Kapolres sebelumnya," terang Jhonny.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi