Peringatan 48 Tahun Perguruan Karate Kala Hitam

Peringatan 48 Tahun Perguruan Karate Kala Hitam
Foto bersama dalam peringatan 48 Tahun Perguruan Karate Kala Hitam (Analisadaily/Hermansyah)

Analisadaily.com, Medan – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, Rudi Rinaldi mengatakan, 48 Tahun Perguruan Karate Kala Hitam menunjukkan usia yang telah matang.

Hal itu disampaikannya pada saat peringatan HUT ke 48 Tahun Perguruan Karate Kala Hitam sekaligus pengukuhan Pengurus Pengda Kabupaten Karo priode 2020-2023 di Food Court Pondok Mansur, Jalan Dr.Mansyur Medan, Minggu (19/1).

“Kita berharap perguruan ini tidak hanya dipertahankan, tapi juga ditingkatkan. Baik berkembang di provinsi lainnya maupun prestasi atlitnya di provinsi, nasional dan internasional,” kata Rudi.

“Perjalanan puluhan tahun ini tentu sangat melelahkan agar tetap eksis. Perguruan ini harus mampu menjawab berbagai tantangan dalam olahraga karate di dunia, terutama dalam bingkai kebersamaan agar tetap eksis di masa mendatang,” sambungnya.

Ia mengaku, tahu Perguruan Karate Kala Hitam sejak kecil dan tak asing lagi dengan perguruan karate ini. Rudi berharap dojo-dojo yang ada mampu meningkatkan prestasi karatekanya baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Ketua Umum PB Perguruan Karate Kala Hitam, H.A.Ronny Simon, menyampaikan terima kasih kepada pengurus Pengprov dan Pengda serta Dojo Perguruan Karate Kala Hitam di Indonesia yang telah menunjukkan integritasnya pada peringatan ulang tahun Perguruan Karate Kala Hitam.

“Kami berharap tetap membangun kekompakan dan kebersamaan serta mampu meningkatkan prestasi pada kejuaraan karate di negeri ini,” harap Ronny.

Ia mengakui, sesepuh Karate Kala Hitam yang pernah menerbitkan buku sejarah Perguruan Karate Kala Hitam, Dr.H. Rustam Effend, merupakan saksi perjalanan sejarah Karate Kala Hitam dalam 48 tahun ini.

“Itu makanya saya harus mempertahankan perguruan ini ketika ada pihak-pihak tertentu yang ingin merebutnya. Perguruan Karate Kala Hitam hanya ada satu di Indonesia,” tandas Ronny.

Pengukuhan

Sekjen PB Perguruan Karate Kala Hitam, Aida Wahab, membacakan SK kepengurusan Pengda Perguruan Karate Kala Hitam Karo Priode 2020-2023.

“Setelah pengukuhan ini kami berupaya mengembangkan Perguruan Karate Kala Hitam di Kabupaten Karo sekaligus meningkatkan prestasi para karateka Kala Hitam,” kata Ketua Pengda Karo, Darwin Wijaya usai pengukuhan.

Sedangkan Ketua Pengprov Yogyakarta, Hersona Bangun, berharap Perguruan Karate Kala Hitam ke depan bisa lebih berkembang lagi, para atlitnya kian berprestasi.

“Selain itu kepengurusannya di Indonesia semakin kompak dan mampu berkontribusi dalam membina karakter manusia yang unggul,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu selain digelar latihan bersama dengan instruktur Maha Ambia Lubis, juga atraksi dari Dojo Karo seperti membelah riol dengan kepala serta memecahkan es dua balok dengan tendangan dan Dojo Dumai dan Yogyakarta, memecahkan genteng dan batu bata dengan tangan.

(HERS/CSP)

Baca Juga