Tidak Ada Warga Aceh Terpapar Virus Corona 

Tidak Ada Warga Aceh Terpapar Virus Corona 
Seorang petugas polisi berjaga-jega di depan gerbang Kuil Lama, yang tutup pasca menyebarnya Coronavirus di Beijing, China, Sabtu (25/1) (Reuters/Carlos Garcia Rawlins)

Analisadaily.com, Aceh - Seluruh mahasiswa dan masyarakat Aceh yang tinggal di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China, dipastikan aman dan terbebas dari Virus Corona atau atau nCoV.

Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta masyarakat Aceh yang memiliki kerabat di Wuhan untuk tetap tenang dan mengikuti perkembangan informasi dari pemerintah.

"Saya bersama Kadis Sosial Aceh sejak dua hari lalu sudah memantau kondisi mahasiswa Aceh di Wuhan. Sampai pagi ini semua kondisi masih terkendali dengan baik dan tidak ada masyarakat Aceh yang terpapar," kata Nova, Sabtu (25/1).

Ia berpesan, setiap informasi menyangkut kondisi masyarakat Aceh di Wuhan agar dilakukan ‘tabayyun’ atau crosscheck melalui Dinas Sosial Aceh yang merupakan wakil pemerintah dalam hal tersebut.

"Mohon jika ada informasi tentang warga Aceh di China dilakukan ‘tabayyun’, crosscheck kepada Pak Alhudri, Kadis Sosial Aceh, agar tidak terjadi miss information," kata Nova.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan, sesuai arahan Plt Gubernur, pihaknya terus memantau perkembangan dan keadaan warganya, khususnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Peningkatan komunikasi dan koordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia di Jakarta juga terus dilakukan guna mendapatkan informasi terkini.

Terkait adanya usulan agar Pemerintah Aceh menjemput mahasiswa di China, Alhudri mengatakan, Pemerintah Aceh tidak memiliki kewenangan untuk secara langsung datang menjemput mahasiswa Aceh di sana.

Hal itu dikarenakan persoalan hubungan antar negara. Selain itu juga karena Kota Wuhan saat ini telah ditutup untuk jalur masuk dan ke luar. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan virus tersebut ke luar Wuhan.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi