Jalani Karatina Setelah Dari China, Dinkes: Mereka Sehat

Jalani Karatina Setelah Dari China, Dinkes: Mereka Sehat
Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan, saat memberikan keterangan, Rabu (12/2) (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Sebanyak 83 orang, termasuk Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari China ke Sumatera Utara di karantina rumah.

Hingga sekarang, Dinas Kesehatan Sumatera Utara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terus melakukan pemantauan selama 14 hari kedepan.

Dari 83 orang itu, 45 di antaranya Warga Negara Asing dan 38 Warga Negara Indonesia serta dari sejumlah wilayah di Sumatera Utara.

"Kondisi kesehatannya, baik. Hanya saja, karena baru tiba dari negara terjangkit virus corona, maka perlu diamati. Kenapa karantinanya di rumah bukan di rumah sakit, ya karena mereka tidak sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (12/2).

Mereka diminta selama dua pekan kedepan untuk tidak keluar rumah. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk segera melapor ke Dinas Kesehatan jika sewaktu-waktu mengalami sakit.

"Tapi kita juga akan terus ikuti perkembangannya. Jadi sewaktu-waktu akan dilakukan kunjungan berkala dan sifatnya juga mendadak," jelasnya.

Akan tetapi, tidak memberikan rincian lebih mendalam terkait identitas ke-83 orang tersebut. Karena, menurut Alwi, mencegah kepanikan di masyarakat. "Kasihan masyarakat menjadi stres karena virus corona," tambah Alwi.

(JW/CSP)

Baca Juga