Proses Evakuasi Napi Rutan Klas IIB Karo Masih Berlangsung

Proses Evakuasi Napi Rutan Klas IIB Karo Masih Berlangsung
Proses pemadaman api di Rutan Klas II Kabanjahe (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kabanjahe - Kabid Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara, Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, proses evakuasi narapidana (napi) akibat kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kabanjahe, Kabupaten Karo, masih berlangsung.

"Saat ini personel Polres Tanah Karo sudah di Rutan melakukan pengamanan dan evakuasi," kata Tatan, Rabu (12/2).

Dijelaskannya, armada pemadam kebakaran juga sudah tiba di Rutan dan saat ini api sudah padam. Total napi di Rutan Klas IIB Kabanjahe berjumlah 410 orang dengan rincian 380 pria dan 30 wanita.

"Sebagian besar sudah berhasil dievakuasi, sisa 40-an napi lagi masih proses evakuasi," ujarnya.

Tatan menyebut saat ini proses evakuasi masih berlangsung, dan personel keamanan di lokasi kejadian tetap melakukan imbauan serta komunikasi ke para napi.

"Sementara tidak ada korban jiwa maupun luka. Untuk api sudah mulai padam. Napi tidak ada yang kabur. Situasi saat ini terkendali," terangnya.

Tatan menyebut tindakan yang telah dilakukan adalah pengamanan lingkungan Rutan Klas II Kabanjahe oleh personel Polri. Kemudian permintaan bantuan dari TNI (Kodim 0205 dan Yonif 125/Simbisa) sudah tiba di lokasi untuk pengamanan.

"Juga perbantuan dari Sat Brimob 1 SSK dan Dit Samapta 1 SSK Polda Sumut. Tim Labfor sudah di TKP. Untuk perkembangan lanjut akan segera kami laporkan," tandasnya.

(RZD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi