SOIna Perkuat Kerjasama Kawasan Asia Pasific

SOIna Perkuat Kerjasama Kawasan Asia Pasific
Ketua PP SOIna Warsito Ellwein, disaksikan President & Managing Director SOAP Dipak Natali dan National Director SOIna Vicky Sihotang menandatangani bola, symbol rencana kegiatan Unified Sport cabang Sepak Bola yang akan berlangsung di beberapa daerah (Istimewa)

Analisadailiy.com, Singapura - Untuk mendukung keberhasilan program kerja, pengurus pusat Special Olympics Indonesia (SOIna) periode 2019-2023 berinisiatif membangun kerjasama kawasan dengan negara-negara Asia Pacific. Hal ini diawali dengan kunjungan Ketua Umum SOIna Warsito Ellwein, yang disertai Direktur National Vicky Sihotang, ke Singapore untuk berdialog dengan President & Managing Director Special Olympics Asia Pacific (SOAP) Dipak Natali.

Pertemuan itu merupakan awal proses komunikasi antara SOIna, SOAP yang kemudian akan dilanjutkan dengan negara-negara lain di kawasan ini. Dengan demikian akan ada akurasi data informasi yang krredibel dan langsung yang berguna untuk membangun saling pengertian. Hal itu dibutuhkan agar ada sinergi dalam gerakan Special Olympics (SO Movement) di Indonesia khususnya.

“Kami membahas peletakan fondasi kerja sama yang kuat antara SOAP dengan SOIna untuk kemajuan, peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup "intelectual disabilities," ujar Ketua Umum SOIna Warsito Ellwein, usai pertemuan, Senin malam, 9/3/2020.

Agenda penyelenggaraan Special Olympics Games Asia Pacific tahun 2022 mendatang di Jakarta tentu akan berhasil bila mendapat dukungan dari 40 negara yang ada di kawasan ini.

Pertemuan itu akan secara regular dilakukan setiap tiga bulan dengan lokasi yang berganti-ganti. Kesempatan pertama, 9 maret 2020, berlangsung mulai pukul 10.30 - 16.30 ini berlangsung di kantor SOAP Singapore (Asia Pacific Region Office 354 Tanglin Road, Tanglin International Centre, #01-11/12, Tanglin Block, Singapore 247672).

Dalam kesempatan itu SOAP President & Managing Director SOAP Dipak Natali didampingi para pengurus lain seperti Craig Manager Operasional, lynn Youth Activation Manager, Gen director markom, coen sport manager serta Amran Siregar SOAP staff.

Dalam kesempatan itu Direktur Nasional SOIna Vicky Sihotang memberikan presentasi program kerja 2019-2023. Vicky memastikan bahwa ada tiga program besar yang menjadi puncak aktifitas yakni Nasional Games, SOAP Regional Games di Jakarta 2022 dan World Games 2023 di Berlin Jerman.

“Dalam hal ini kampanye kepedulian (awareness campaign) merupakan motor penggerak utama untuk membuat masyarakat peduli dengan SOIna,” ujar Vicky.

Berkenaan dengan persiapan SOAP Regional Games 2022, SOIna menginformasikan dukungan pemerintah atas rencana itu. Selanjutnya pihak akan secara resmi berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia untuk membicarakan lebih lanjut.

(JA)

Baca Juga

Rekomendasi