Jurnalis Foto Rentan Tertular COVID-19, PFI Medan Bagikan Masker dan Vitamin

Jurnalis Foto Rentan Tertular COVID-19, PFI Medan Bagikan Masker dan Vitamin
PFI Medan bagikan masker dan vitamin. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan memberikan imbauan tegas kepada para anggotanya soal keamanan liputan. PFI Medan juga membantu alat kelengkapan keamanan liputan bagi jurnalis yang masih harus berada di lapangan.

“Kami membagikan masker, hand sanitizer dan vitamin untuk para anggota PFI Medan. Paling tidak bisa menambah stok di tengah kelangkaan masker dan handsanitizer saat ini,” ungkap Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, Sabtu (28/3).

Dalam hal penyediaan masker dan lainnya, PFI Medan bekerjasama dengan XL Axiata Medan. Mitra yang selalu memberikan kontribusi positif kepada PFI Medan.

Rahmad juga mengingatkan beberapa hal kepada para pewarta foto di masa pandemi corona ini. Jika memang harus melakukan peliputan, pewarta foto harus bisa memetakan lapangan dengan baik. Khususnya kawasan-kawasan yang punya potensi penularan tinggi.

Dalam kondisi saat ini, kata Rahmad, pewarta foto dituntut harus lebih kreatif untuk memikirkan ide visual. Karena tidak melulu, peliputan soal COVID-19 ini terkait foto orang-orang yang terjangkit saja.

“Kita bisa menghasilkan karya lainnya. Misalnya memotret soal dampak ekonomi, kegiatan selama physical distancing dan masih banyak lagi. Ini untuk mengurangi risiko kita terpapar virus,” ungkap Rahmad.

“Jika sampai di rumah, bersihkan dulu semua peralatan kita. Baju yang kita pakai dari luar harus langsung dicuci dan mandi yang bersih sebelum bertemu dengan orang-orang di dalam rumah. Kalau tidak ada liputan yang terlalu mendesak, lebih baik berada di rumah saja,” imbuhnya.

Regional Corporate Communication XL Axiata West Region Aldi Desmet mengatakan kontribusi masker dan peralatan lainnya adalah bentuk kepedulian pihaknya kepada para jurnalis.

Aldi berharap, kontribusi yang diberikan bisa membantu para jurnalis untuk tetap menjalankan tugasnya secara aman dan waspada.

“Kami berterimakasih kepada para jurnalis yang sudah menyjikan informasi khususnya di saat ini. Semoga tetap diberikan kesehatan dan kemudahan selama enjalankan kerja-kerja jurnalistik,” tegasnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi