Warga Simangambat Diimbau Waspadai Virus Corona COVID-19

Warga Simangambat Diimbau Waspadai Virus Corona COVID-19
Pemasangan baliho berisi imbauan tentang mewaspadai virus corona COVID-19 (Anaisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Simangambat - Virus corona COVID-19 menyebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara (Sumut). Terkait penyebarannya, masyarakat diimbau untuk terus mewaspadai dengan melakukan upaya pencegahan.

Tidak hanya itu, kesadaran masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat dan bersih juga diperlukan agar dapat terhindar serta membatasi penyebaran virus corona COVID-19.

Salah satu upaya membangun kesadaran pola hidup sehat dan bersih, PT ANJ Agri sebagai bagian dari masyarakat di Kecamatan Simangambat, bersama Muspika , tokoh adat, agama, dan pemuda setempat menyosialisasikan waspada COVID-19.

Sosialisasi dilakukan melalui media spanduk dan baliho yang dipasang di hampir seluruh desa di Kecamatan Simangambat. Menurut Camat Simangambat, selain larangan mengumpulkan masyarakat, sosialisasi melalui spanduk dan baliho merupakan upaya yang baik.

"Saya apresiasi atas peran serta aktif PT ANJ Agri. Ini upaya bersama membangun kewaspadaan masyarakat, mengimbau masyarakat untuk menjalankan hidup bersih dan sehat, serta kesadaran untuk saling menjaga kesehatan lingkungan," katanya, Jumat (3/4).

GM PT ANJ Agri, Sukrisdianto mengatakan, pihaknya juga merupakan bagian dari masyarakat, sehingga penting untuk turut serta berperan aktif bersama-sama masyarakat dan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan virus corona COVID-19.

"Kami juga membantu penyediaan masker kain di tengah sulitnya memperoleh masker medis kepada masyarakat, alat deteksi demam thermometer infrared, serta membantu penyediaan sarana untuk cuci tangan," sebutnya.

Kepala Desa Langkimat, Humala Pontas Harahap, menekankan pentingnya bersama-sama, baik masyarakat, pemerintah, pengusaha dan perusahaan bahu-membahu menyosilisasikan dan membangun kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan COVID-19.

Spanduk dan baliho yang dipasang berisikan imbauan kepada seluruh warga di Kecamatan Simangambat untuk waspada penyebaran COVID-19 dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.

Kemudian konsumsi makanan yang sehat, menggunakan masker saat merasa batuk/pilek dan keluar rumah, menghindari kerumanan, menjaga jarak saat berbicara, menjaga kebersihan lingkungan, tempat tinggal dan tempat ibadah, sediakan waktu untuk berjemur serta olahraga secara rutin.

Dalam spanduk juga memuat imbauan jika ada masyarakat yang merasakan demam, batuk disertai sesak nafas agar menghubungi fasilitas kesehatan terdekat dan memuat call center yang bisa dihubungi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi