YouTubers Asal Medan Ditetapkan Sebagai Tersangka

YouTubers Asal Medan Ditetapkan Sebagai Tersangka
YouTubers Asal Medan, Rahmat Hidayat alias Aleh. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Polisi menetapkan Youtubers asal Medan Rahmat Hidayat alias Aleh, sebagai tersangka atas perbuatannya yang melecehkan lagu 'Aisyah Istri Rasulullah' dan menghina warga Belawan.

"Aleh-aleh sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Sudah kita tahan untuk mempermudah proses hukum" kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Belawan, AKP Jericho Lavian Chandra, Selasa (14/4).

Atas perbuatannya, pemuda dengan ciri khas rambut kribo itu, disangkakan dengan pasal 27 ayat (3) UU ITE tentang penghinaan.

Sebelumnya, dalam video itu, Rahmat bersama 4 pemuda lainnya bernyanyi lagu "Aisyah Istri Rasululllah" diiringi gitar. Awalnya biasa saja dan Rahmat yang mengenakan kemeja hitam lengan panjang bermotif garis putih vertikal hanya diam.

Tak lama berselang, dia memegang rambut dan menariknya ke belakang dan berlagak seperti kemasukan, lalu berdiri, sementara 4 temannya berupaya menenangkannya. Saat dia berdiri, ternyata dia hanya mengenakan celana dalam berwarna putih.

Video itu memancing kemarahan warga. Puluhan orang dari Ormas Islam mendatangi kediaman Rahmat di Jalan Ileng, Kelurahan Regas Pulau, Medan Marelan. Laporan dugaan penistaan agama juga dibuat Ormas Islam ke Polres Pelabuhan Belawan. Rahmat dan teman-temannya kemudian diamankan.

Ini bukan kali pertama Rahmat membuat ulah. Sebelumnya, dia juga diperoses karena membuat materi stand up comedy yang menghina warga Belawan, Medan. Warga sempat melaporkannya ke Polres Belawan. Rahmat lalu meminta maaf secara terbuka.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi