DPRDSU Apresiasi Terobosan Rektor dan RS USU Tangani Pandemi COVID-19

DPRDSU Apresiasi Terobosan Rektor dan RS USU Tangani Pandemi COVID-19
Anggota DPRDSU mengecek ruang isolasi COVID-19 di RS USU. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani mengapresiasi terobosan Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Runtung dan jajarannya termasuk RS USU dalam menangani pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan Rahmansyah bersama jajaran Fraksi Partai Nasdem DPRD SU dalam kunjungan ke USU dan RS USU. Jajaran Fraksi Partai Nasdem yakni Ketua Tuahman Franciscus Purba, Sekretaris Fraksi yang juga Ketua Komisi E, Dimas Tri Adji dan Bendahara: Rony Reynaldo Situmorang.

Informasi yang diterima Analisadaily.com, Kamis (16/4) dalam pertemuan itu dikatakan RS USU sedang menyelesaikan pembangunan gedung isolasi dan kelengkapannya bagi penanganan pasien COVID-19 di kawasan RS USU senilai lebih kurang Rp8 miliar. Selain itu, masih di RS USU, sedang dipersiapkan laboratorium untuk pemeriksaan PCR.

Untuk pelaksanaan tes dan lab PCR , pihaknya melakukan kerja sama dengan BTKL Sumut untuk melengkapinya.

Menghadapi bencana nasional pandemi COVID-19, Rektor USU secara tegas menyampaikan, pihaknya tidak bisa berpangku tangan dan sejak awal, dirinya mendorong stakeholder terkait di USU untuk mencari solusi penanganan karena hal itu merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengabdian masyarakat.

Rektor menegaskan pihak Laboratorium RS USU terus bekerja termasuk melibatkan tim ahli. Bahkan Rektor USU menegaskan agar tim bekerja lebih gesit yang nantinya hasil kerjanya dapat disinkronkan dengan Tim Satgas COVID-19 di bawah pimpinan Gubernur Sumatera Utara.

Usai bertemu rektor, rombongan melanjutkan kunjungan ke RS USU. Di RS USU rombongan diterima Direktur Utama Dr dr Syah Mirsa Warli, SpU (K), Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan dr Riyadh Iksan, SpKK dan Direktur Umum, Keuangan dan SDM dr Dewi Indah Sari Siregar, MKed (ClinPath), SpPK. Selain meninjau ruang isolasi yang sedang dalam tahap penyelesaian, rombongan juga mengunjungi ruang laboratorium serta mendapatkan penjelasan terkait sistem yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan tes PCR.

Dalam pertemuan itu dicatat beberapa kesimpulan antara lain DPRDSU mendorong keterlibatan USU dan RS USU dalam penanganan penanggulangan penyebaran virus COVID-19 di Sumut.

USU, ditegaskan Rektor Prof Runtung siap bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Sumut dalam rangka penanganan COVID-19. Dalam kunjungan itu, Rahmansyah Sibarani, Wakil Ketua DPRDSU menyampaikan optimisnya kalau RS USU bisa melaksanakan penanganan tes Covid 19 sesuai dengan kemampuan tenaga yang dimilikinya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi