Terima Kunjungan Pangdam SIM, Nova: Kita Semua Bersatu Lawan COVID-19

Terima Kunjungan Pangdam SIM, Nova: Kita Semua Bersatu Lawan COVID-19
Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima kunjungan Pangdam IM Mayjen TNI Hasanuddin di Kantor Gubernur Aceh, Selasa (28/4). (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menerima dan menyambut kunjungan silaturahmi Pangdam Iskandar Muda (IM) Mayjen TNI Hassanudin, di ruang kerja Gubernur Aceh, Selasa (28/4) sore.

Ikut mendampingi Plt Gubernur, Sekda Aceh Taqwallah, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Setda Aceh, M Jafar, Kepala Badan Kesbangpol Aceh, Mahdi Effendi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA), Bustami Hamzah dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Muhammad Iswanto.

Dalam pertemuan tersebut, Plt Gubernur berbicara akrab dengan Pangdam. Ia juga menyampaikan berbagai hal tentang Aceh, termasuk kondisi terkini dalam menghadapi penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

"Dalam konteks penanganan COVID-19 ini tidak ada istilah pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, kita semua bersatu dalam menghadapi kondisi pandemi ini," ujar Nova.

Plt. Gubernur mengatakan, dalam hal penanganan penyebaran COVID-19, Pemerintah Aceh sudah bergerak mengambil langkah penanganan sejak merebak pertama kali pada bulan Januari lalu di Kota Wuhan, China.

Saat itu, kata dia, Pemerintah Aceh terus membangun koordinasi dengan masyarakat Aceh di Wuhan dan mencukupi kebutuhan mereka selama diisolasi.

"Selain itu, kita juga membangun koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk melakukan upaya pemulangan mahasiswa kita dari Wuhan," jelas Nova.

Plt. Gubernur menjelaskan, selain memaksimalkan pelayanan kesehatan, pihaknya juga meluncurkan program social safety net atau jaring pengaman sosial guna mengurangi dampak penurunan ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19.

Nova berharap, antara Pemerintah Aceh dan Kodam Iskandar Muda dapat terus bersinergi dalam menyelesaikan berbagai persoalan di Aceh, terutama sekali persoalan penyebaran COVID-19 yang tengah terjadi saat ini.

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Hassanudin, menyampaikan, kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturrahmi dan kerja sama dengan Pemerintah Aceh dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

"Saya siap bersinergi dan bekerja sama, termasuk persoalan COVID-19 yang sedang terjadi saat ini," kata Pangdam.

Kedatangan orang nomor satu di Kodam Iskandar Muda itu ikut didampingi sejumlah pejabat Kodam, diantaranya, Kapendam Kolonel Inf Usik Samwa Parana, Aster Kolonel Inf Yamin Danu, Dandim 0101/BS, Kolonel Inf Hasandi Lubis, Mayor Inf Kurniawan dan Letkol Cpl Dedy Harahap.

Mayjen TNI Hassanudin resmi menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda yang baru, menggantikan Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko. Serah terima jabatan keduanya dilakukan pada Selasa (21/4) di Gedung Serba Guna Markas Besar TNI AD, Jakarta.

(MHD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi