Positif Rapid Test, Dua Warga Aceh Ternyata Negatif Covid-19

Positif Rapid Test, Dua Warga Aceh Ternyata Negatif Covid-19
Pemeriksaan rapid test di Banda Aceh (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, kembali mengumumkan hasil pemeriksaan spesimen swab (usap dahak) dua orang yang diduga positif virus corona (Covid-19).

"Alhamdulillah dua pasien asal Banda Aceh yang sebelumnya hasil rapid testnya positif, sesuai hasil laporan Kadis Kesehatan Banda Aceh kini telah keluar hasil pemeriksaan swabnya dan keduanya negatif," kata Aminullah Usman, Jumat (1/5).

Kedua pasien itu sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan dinyatakan positif usai melakukan rapid test di Puskesmas Kecamatan Jaya Baru dan Kecamatan Baiturrahman.

Kedua orang itupun telah menjalani isolasi mandiri dan diambil sampel swab. Alhasil dari pemeriksaan menggunakan sistem Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) di Laboratorium Balai Litbangkes Aceh, keduanya dinyatakan tidak terinfeksi virus corona.

Aminullah Usman bersyukur atas hasil tersebut. Pasalnya upaya sosialisasi serta pencegahan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh menuai hasil yang baik.

"Ini adalah hal yang sangat baik. Sebelumnya dua pasien asal Lampaseh dinyatakan sembuh, dan kali ini para pasien pun dinyatakan negatif terinfeksi virus tersebut. Sudah sepatutnya kita bersyukur, semoga Allah SWT jauhkan bala bagi kota tercinta ini," ungkapnya.

Meski demikian Aminullah tetap mengingatkan warganya agar senantiasa mematuhi imbauan dan seruan yang ada terkait pencegahan penularan Covid-19. Untuk mencegah penularan ia menganjurkan warga agar bertahan di rumah untuk sementara waktu.

"Saya minta warga untuk terus mematuhi imbauan yang ada, tetap waspada, ini untuk kebaikan bersama. Sama-sama kita perangi corona ini dengan menjaga kesehatan diri, memakai masker dalam setiap aktivitas, menjaga jarak satu-sama lain, mencuci tangan dengan sabun usai beraktivitas dan menjauhi kerumunan/keramaian," kata Aminullah.

(MHD/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi