Cegah COVID-19 di Kawasan Danau Toba, Para Perantau Salurkan APD dan Masker

Cegah COVID-19 di Kawasan Danau Toba, Para Perantau Salurkan APD dan Masker
Salurkan APD dan masker (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Komunitas Horas Halak Hita (H3) yang berada di Jakarta menyalurkan bantuan berupa masker dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada masyarakat dan rumah sakit yang ada di kawasan Danau Toba.

Para perantau yang berasal dari Kawasan Danau Toba tersebut bersama Devy LB Panjaitan menyalurkan bantuan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang semakin menyebar di seluruh Indonesia.

Kepala Diakonia HKBP, Pdt. Debora Sinaga. M.Th mengapresiasi atas perhatian tokoh masyarakat Batak dan perantau yang telah memberikan kontribusi berupa masker kepada lembaga keumatan di kawasan Danau Toba, dan APD ke RS HKBP Balige.

"Kami sangat tertolong disaat masker susah di temukan dan harganya mahal. Begitu juga dengan APD. Bantuan ini sangat penting, mengingat COVID-19 masih melanda Indonesia," katanya, Kamis (7/5).

Wakil Ketua MUI Kabupaten Toba, H. Imran Napitupulu saat menerima bantuan menyampaikan ucapan terima kasih atas uluran tangan yang sudah disampaikan komunitas H3 beserta Devy LB Panjaitan.

"Terima kasih kepada Ibu Devy LB Panjaitan beserta keluarga, yang telah memperhatikan kami umat muslim. Insya Allah, masker ini segera akan kami distribusikan kepada saudara-saudara kita umat Muslim yang ada di Kabupaten Toba," ucapnya.

Senada dengan itu, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt. Donda Simanjuntak juga mengapresiasi atas perhatian dan dukungan tokoh dan perantau Batak dalam mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan Danau Toba.

"Misi kemanusiaan ini sangat menumbuhkan semangat dan optimis kami untuk bertahan melawan COVID-19 yang melanda Indonesia saat ini. Kami segenap jemaat HKBP Distrik XI Toba Hasundutan mendokan para donatur, semoga Tuhan melimpahkan berkat dan kesehatan," ujarnya.

Seluruh bantuan tersebut didistribusikan ke Kantor Departemen Diakonia HKBP di Siantar, GBI Pos Balige, Gereja Katolik St. Yosef Balige, GKPI Siantar, HKBP Sitorang Kabupaten Toba, GBI, GKLI, GKII, Gepkin Kecamatan Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara, MUI Simalungun.

Kemudian HKBP Distrik III Humbang, GBI Dolok Sanggul, Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Kabanjahe, Gereja Katolik Simalungun, HKBP Distrik XI Toba Hasundutan, Kelompok perempuan Kerry Panjaitan Pematang Siantar, MUI Kabupaten Toba, dan GBI Simalungun.

Sementara, bantuan untuk Rumah Sakit HKBP berupa surgical mask, shield mask, dan masker N95, dan Rumah Sakit GKPS Saribu Dolok berupa surgical mask serta shield mask.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi