Pembangunan Puskesmas Bangun Purba, Kadinkes: Pemborongnya Lari

Pembangunan Puskesmas Bangun Purba, Kadinkes: Pemborongnya Lari
Pembangunan belum rampung, sekeliling Puskesmas Bangun Purba ditumbuhi rumput liar. (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Deli Serdang - Proyek pembangunan Puskesmas Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang, senilai lebih kurang Rp 3.1 miliar sejak tahun 2019 mangkrak sampai saat ini.

Berdasarkan informasi, dana pembangunan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Deli Serdang tahun 2019. Namun hingga kini belum juga diselesaikan bahkan sudah tahun 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, dr Ade Budi Krista, mengaku pembangunan tersebut tidak berhenti atau mangkrak.

"Itu bukan berhenti, aku yang memutuskan memberhentikan karena orangnya tidak komit menjalankan tugas sesuai progres, kuputuskan kontraknya pemborongnya lari. Belum dibayar itu,” kata r Ade.

Ia pun mengakui anggaran senilai Rp 3.1 miliar baru hanya Down Payment (DP) atau pembayaran awal yang telah dilakukan pada pemborong.

"DP-nya lah yang sudah dibayar, kan sudah aku jawab itu ke Infokom. BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) pun sudah periksa itu tidak ada masalah," jelasnya.

Pantauan di lokasi pembangunan Puskesmas, hanya berdiri sejumlah rangka, tidak terlihat lagi plang proyeknya, sehingga terkesan bangunan dibiarkan tidak terurus hingga dipenuhi diselimuti semak belukar.

Warga sekitar minta pada Bupati Deli Serdang supaya meninjau pembangunan terasebut karena diduga ada unsur kesalahan dari bawahannya.

(KAH/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi