Polres Batubara Siap Fasilitasi Masyarakat Ciptakan Swasembada Pangan

Polres Batubara Siap Fasilitasi Masyarakat Ciptakan Swasembada Pangan
Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis, ketika melihat hasil kebun warga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Limapuluh - Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis, mendukung penuh masyarakat yang berinisiatif melakukan cipta swasembada pangan.

Menurutnya Kabupaten Batubara yang banyak memiliki lahan perkebunan dan pertanian cocok untuk dimanfaatkan masyarakat dalam menopang ketersedian pangan nasional.

"Untuk meningkatkan dan menambah pendapatan ekonomi masyarakat, kami Polres Batubara mengajak masyarakat untuk meningkatkan cipta swsembada pangan, seperti meningkatkan usaha cocok tanam rumah yang semua bisa dilakukan dengan menanam beberapa jenis sayaran," kata Ikhwan ketika mengunjungi kebun masyarakat, Senin (1/6).

"Bagi nelayan maupun para petani masih banyak lagi kreativitas yang bisa dilakukan dengan inovasi-inovasi terbaru," sambungnya.

Dalam kesempatan itu AKBP Ikhwan Lubis menegaskan bahwa pihaknya melalui Bhabinkamtibmas siap mendukung penuh masyarakat dalam upaya mewujudkan swasembada pangan.

"Kami akan memberikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat seperti bibit, pupuk serta peralatan yang dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan cipta swasembada pangan," tegasnya.

Lebih jauh mantan Kapolres Belawan ini mengungkapkan bahwa komitmen mewujudkan swasembada pangan merupakan arahan langsung dari Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis.

Menurutnya sesuai Maklumat Kapolri, seluruh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) agar bisa mengajak masyarkat untuk melakukukan peningkatan swasembada pangan khususnya di masa pandemi Covid-19.

"Polri harus bisa menjadi duta masyarakat dalam mengajak dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menghasilkan apa yang menjadi kebutuhan pokok pangan sehari-hari. Selain itu juga agar bisa menjadi tambahan pendapatan ekonomi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," imbaunya.

Sementara Kasat Binmas Polres Batubara, AKP M. Syafii mengatakan, pihaknya akan terus mengajak masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan lahan yang ada.

"Kalau tidak ada lahan yang luas, bisa pergunakan pekarangan halaman dapan atau belakang rumah. Di samping bisa menjadi pendapatan ekonomi, kita bisa lebih meningkatkan kebutuhan untuk orang banyak," kata Syafii.

"Ini harus kita lakukan karena di masa pandemi Covid-19 kita harus menjadi pintar dan bijak. Kita jangan pasrah dengan keadaan. Suhu, iklim dan daerah yang mendukung ini harus kita manfaatkan untuk bisa hidup lebih baik," tandasnya.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi