Kades Durian Berikan Bantuan Tanggap Darurat

Kades Durian Berikan Bantuan Tanggap Darurat
Kepala Desa Durian, Supiadi bersama para Kepala Dusun menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada salah seorang korban bencana, Rabu (24/6). (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Pantailabu - Kepala Desa Durian, Supiadi, memberikan bantuan tanggap darurat kepada 6 kepala keluarga (KK) yang rumahnya rusak akibat angin kencang, Kamis (25/6).

6 KK yang menjadi korban bencana angin kencang dan menerima bantuan tanggap darurat tersebut yakni, Kasirun (45) Nasrun (51), Solekan (41) Sriadi (46) Paiman (78) dan Deni (45), semuanya warga Dusun Va.

Supiadi menjelaskan, bantuan tanggap darurat berasal dari dana mandiri dan pribadi, bukan bersumber dari dana desa atau lainnya. Pasalnya, dalam dana desa tidak ada alokasi anggaran untuk bantuan tanggap darurat bagi korban bencana alam.

“Dananya mandiri, bukan dari dana desa. Gak ada alokasinya dari dana desa,” jelasnya.

Semestinya alokasi untuk dana tanggap darurat untuk korban bencana ada sehingga korban dapat terbantu lebih cepat. Namun karena belum ada, maka bantuan tangga darurat hanya bisa dilakukan dari sumber mandiri.

Meski bantuan tanggap darurat hanya dalam bentuk beras dan mi instan, Supiadi berharap bisa mengurangi beban korban bencana angin kencang karena sifat bantuan konsumtif untuk kebutuhan makan.

“Mudah-mudahan bisa sedikit mengurangi beban para korban khususnya kebutuhan konsumtif untuk mengisi perut,” ucapnya sembari memastikan para korban sudah didata dan dilaporkan kepada pemerintahan setingkat di atasnya.

(AK/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi