Masjid Jami Kubahsentang Disiapkan Jadi Model Penerapan New Normal

Masjid Jami Kubahsentang Disiapkan Jadi Model Penerapan New Normal
BKM Jami Kubahsentang bersama tim GTPP Covid-19 Pantai Labu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pantai Labu - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kecamatan Pantailabu menyiapkan Masjid Jami Dusun II, Desa Kubahsentang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, sebagai model penerapan new normal yang akan direkomendasikan sebagai masjid aman Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua GTPP Covd-19 Pantai Labu, Junaidi, saat berkunjung ke Masjid Jami Kubahsentang bersama tim relawan dan Tim Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Deli Serdang, Jumat (26/6).

Rencana pemberlakuan new normal di Sumatera Utara yang serentak di seluruh kabupaten/kota termasuk Deli Serdang awal Juli 2020, membutuhkan model sebagai contoh yang edukasi selanjutnya bisa diterapkan pula oleh masjid-masjid lainnya.

Dari pantauan tim, terang Junaidi, Masjid Jami Kubahsentang dinilai sudah mendekati pemenuhan persyaratan sebagai masjid aman Covid-19 dan menjadi model penerapan new normal meski ada sejumlah poin yang harus disempurnakan.

"Tadi sudah kita lihat, sudah mendekati persyaratan. Ada fasilitas cuci tangan pakai sabun, karpet masjid juga sudah digulung, social distancing-nya juga sudah mulai diterapkan. Hanya tinggal sedikit lagi yang harus disempurnakan," terangnya.

Untuk dijadikan sebagai model penerapan new normal, pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami Kubahsentang diminta untuk mengajukan permohonan kepada GTPP Covid-19 Pantai Labu agar dikeluarkan sertifikat masjid aman Covid-19.

Selain itu sejumlah persyaratan juga harus dipenuhi seperti menyiapkan petugas untuk mengidentifikasi suhu badan jemaah yang akan salat berjemaah menggunakan alat pengukur suhu (thermogun) dan mengedukasi jemaah untuk memakai masker.

"Ini beberapa poin yang harus dipenuhi dank e depan masjdi Jami akan menjadi percontohan edukasi bagi masjid lainnya yangada di kawasan pesisisr Pantai Labu," sebutnya.

Sementara Ketua BKM Jami Kubahsentang, Amirul Khair, didampingi Sekretaris M. Syamsul, Penasehat H. Buchri dan sejumlah pengurus lainnya menyatakan kesiapan untuk menjadikan Masjid Jami sebagai model penerapan new normal.

"Insya Allah kami siap untuk melaksanakan kepercayaan ini. Masjid Jami juga kami proyeksikan bisa menjadi pusat pemberdayaan umat baik dalam tatanan ibadah, aktivitas sosial, pendidikan dan lainnya," jelas Amirul.

Dalam kesempatan itu tim dari FKUB Deli Serdang juga menyerahkan puluhan masker kepada BKM Jami Kubahsentang untuk dibagikan kepada jemaah agar digunakan saat beraktivitas terutama saat menjalankan ibadah dalam masjid.

(AK/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi