Provinsi Terkorup ke-4, Edy: Banyak Tidak Jujur

Provinsi Terkorup ke-4, Edy: Banyak Tidak Jujur
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Berdasarkan data dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Provinsi Sumatera Utara menempati posisi ke-4 sebagai daerah paling terkorup di Indonesia.

Menurut Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, itu karena masih banyak pemimpin di Sumatera Utara tidak menjalankan amanah masyarakat, padahal dia berharap adanya zero korupsi.

"Berharap Zero kita ini, kalau masih korupsi terus, inilah kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin-pemimpinya," kata Edy, Kamis (25/6).

Edy mengatakan, indikator banyaknya korupsi lainya, juga lantaran banyak pemimpin di Sumut yang tidak jujur, sehingga merugikan masyarakat.

"Yang ditangkap KPK ini kan pemimpin, nggak ada yang anak buah, pemimpinlah. Kalau pun ada anak buah dampak dari tidak terkontrolnya dari pemimpin," tuturnya.

Ia pun terus mengimbau kapada setiap pemimpin di Sumut untuk menerapkan nilai kejujuran, ketulusan dan ikhlas dalam bekerja.

"Kalau sudah jujur ini kita cari referensinya, untuk menjadikan benar. Setelah benar mari kita hadapi semua," tambahnya.

Berikut rincian lengkap 10 provinsi terkorup di Indonesia:

1. Pemerintah Pusat (359 kasus)

2. Jawa Barat (101 kasus)

3. Jawa Timur (85 kasus)

4. Sumatera Utara (64 kasus)

5. DKI Jakarta (61 kasus)

6. Riau dan Kepulauan Riau (51 kasus)

7. Jawa Tengah (49 kasus)

8. Lampung (30 kasus)

9. Banten (24 kasus)

10. Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Bengkulu, Papua (22 kasus).

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi