Kinerja Bupati Batubara Dalam Penanganan Covid-19 Dapat Pujian

Kinerja Bupati Batubara Dalam Penanganan Covid-19 Dapat Pujian
Kunjungan silaturahmi Tim Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara (Analisadaily/Alpian)

Analisadaily.com, Batubara - Tim Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara (Sumut) memuji kinerja Bupati Batubara, Zahir, terkait penanganan Covid-di Batubara. Pujian disampaikan dalam kunjungan silaturahmi, dan mereka menilai penanganan cukup baik.

Tim pansus Covid-19 yang dipimpin Wakil Ketua Pansus, Ahmad Hadian, dan anggota Pansus Wagirin Arman, Dedi Iskandar, Jonius TP Hutabarat, Fransiscus Purba, Poaradda Nababan, dan Sugianto Makmur, serta Kepala Dinas Kesehatan Povinsi Sumut, Alwin Hasibuan, kompak memuji kinerja Zahir.

Menurut Hadian, prioritas utama dalam penanganan Covid-19 adalah belanja kesehatan, jaringan pengaman sosial, dan stimulus ekonomi. Belanja kesehatan sudah tepat seperti yang dilaksanakan Pemkab Batubara.

“Dengan cara merevitalisasi RSUD Batubara untuk persiapan penanganan Covid-19 di Batubara,” kata Ahmad Hadian di Aula Gugus Tugas Batubara, Kamis (2/7).

Ahmad Hadian Minta GTPP Sumut meminta agar refocussing tahap II lebih tepat sasaran. Penanganan Covid-19 di Sumut sudah berjalan hampir dua bulan, refocussing tahap I sudah dilakukan. Namun, angka positif Covid-19 di Sumut masih tinggi, terlebih rencananya Pemprov Sumut akan memberlakukan new normal.

“Hal ini cukup menimbulkan kekhawatiran berbagai pihak,” ujarnya.

Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PKS itu juga mengkhawatirkan hal tersebut, dan mewanti-wanti kepada GTPP Sumut agar segera mengantisipasi kemungkinan peningkatan angka positif akibat diterapkannya new normal.

“Saya melihat masyarakat masih belum sepenuhnya paham terhadap new normal. Mereka menganggap situasi sudah normal, sehingga abai terhadap protokol kesehatan,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, dalam hal realokasi anggaran hasil refocusing, GTPP harus mengacu pada SKB Dua Menteri, yaitu Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri. Realokasi anggaran hasil refocusing harus digunakan untuk tiga hal penting, yaitu belanja kesehatan, jaring pengaman sosial, dan stimulus ekonomi.

Bupati Batubara, Zahir, dalam sambutannya melaporkan, Kabupaten Batubara saat ini sudah memasuki zona merah akibat ada 10 warga yang terpapar Covid-19. Namun upaya pencegahan tetap dilakukan.

“Saya mengapresiasi kunjungan Tim Pansus DPRD Sumut ke Batubara,” tandasnya.

(AP/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi