Pelayanan untuk Penderita Tuberculosis Tak Boleh Berhenti di Tengah Pandemi

Pelayanan untuk Penderita Tuberculosis Tak Boleh Berhenti di Tengah Pandemi
Petugas mengecek suhu tubuh warga di Kantor BPJS Kesehatan Bengkulu, Kamis (2/7/2020). (ANTARA FOTO/ David Muharmansyah)

Analisadaily.com, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Stop TB Partnership Indonesia Ir. Arifin Panigoro menjelaskan, tantangan penyakit Tuberculosis (TBC) yang telah didapati Indonesia sejak lama dan sekarang ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, membuat semua pihak harus bekerja sama dengan keras untuk mengatasi potensi penularannya. Terlebih penyakit TBC juga tidak boleh digampangkan karena jumlah penderitanya tidak sedikit.

"Sebelum ada Covid-19, TBC ini sudah serius di Indonesia. Masalah TBC ini besar tetapi atensi dari siapapun, dari pemerintah dan masyarakat dianggap ini penyakit lama yang sudah selesai," ungkap Arifin melalui dialog ruang digital, ditulis Rabu (8/7).

Menurut Arifin, permasalahan utama setelah adanya Covid-19 adalah pemerintah kini berpusat kepada pengendalian Covid-19. Padahal, tanpa adanya Covid-19, temuan kasus TBC sudah terbatas. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, pengendalian TBC menjadi terbengkalai di semua tahapannya.

"Logis, karena kita semua ini fokus perhatian kita terambil oleh Covid-19, meskipun semua merasa TBC itu serius tapi priority saat ini adalah Covid-19," tambah Arifin.

Arifin juga menegaskan, partisipasi masayrakat sangat diperlukan dalam menekan potensi penularan Covid-19 maupun TBC itu sendiri serta semua pihak haru sbekerja lebih keras dalam penanganan Covid-19 yang masih berlangsung saat ini namun ada pekerjaan yang belum selesai terkait penanganan TBC.

"Untuk penyakit yang cakupannya luas seperti saat ini, pastisipasi masyarakat sangat diperlukan. Kita harus bersama-sama. Partisipasi semua pihak sangat penting. Kita harus siap untuk bekerja ekstra keras untuk menangani penanganan pandemi Covid-19 tanpa melupakan potensi bahaya TBC yang juga masih terjadi di Indonesia," tegas Arifin.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi