KNKT Dukung Pengembangan Smart Mobil Tangki Untuk Cegah Kebakaran

KNKT Dukung Pengembangan Smart Mobil Tangki Untuk Cegah Kebakaran
Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendukung pengembangan Smart Mobil Tangki (Smart MT) untuk mencegah terjadinya kebakaran kendaraan yang mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Khusus (BBK) yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga (PPN), anak usaha dari PT Pertamina (Persero).

Ketua KNKT, Soejanto Tjahjono mengungkapkan, digitalisasi fungsi-fungsi yang saat ini dikembangkan oleh PT PPN sudah mengalami kemajuan dan bisa menurunkan jumlah kebakaran mobil tangki yang dioperasikannya.

Menurutnya tahap awal mobil Smart MT dipasang empat fitur, diantaranya adalah sensor suhu pada tromol mobil tangki.

"Dari uji coba sejak Maret 2019 mampu menekan terjadinya kebakaran mobil tangki. Selama uji coba tersebut tentunya dilakukan evaluasi. Fungsi sistem digital Smart MT cukup bagus. Meskipun masih ada kekurangsempurnaan model kotaknya," kata Soerjanto, Sabtu (11/7).

Untuk itu, Soerjanto mengajak PT PPN mengembangkan konsep Smart MT dengan menambah beberapa fitur sehingga memiliki fungsi semacam "Black Box" seperti yang ada di pesawat terbang.

Dengan menambah fitur-fitur yang lebih lengkap, maka bisa meningkatkan efisiensi biaya operasional kendaraan. Dia mencontohkan fitur Driver True Sensor.

"Fitur ini memiliki fungsi hanya pengemudi yang diberi tugas dapat menghidupkan mobil dengan sidik jarinya dan setelah mobil hidup hanya dia yang bisa mengemudikannya," terang Soerjanto.

Fitur lainnya adalah Driver Behavior Sensor untuk merekam tingkah laku pengemudi.

"Apa yang dilakukan pengemudi selama mengoperasikan mobil dapat diketahui," ungkapnya.

Dengan melengkapi fitur-fitur yang mendukung, Soerjanto yakin digitalisasi pada Smart MT dapat mengatasi masalah secara komprehensif.

"Jika pilot projekt ini berhasil, akan dikembangkan untuk moda transportasi lainnya seperti bus, truk bahkan kapal laut," ujar Soerjanto optimis.

PT PPN telah mengembangkan mobil Smart MT sejak tahun 2019 untuk mengurangi kecelakaan kebakaran mobil tangki pengangkut BBM dan BBK.

Pada tahap awal sebanyak 90 mobil dilengkapi fitur-fitur digital dan mampu menurunkan kecelakaan kebakaran. Mobil Smart MT akan terus disempurnakan dengan 15 fitur yang dioperasikan secara digital.

Ke-15 fitur yang akan dipasang di mobil Smart MT yaitu; Overhead Thermal Sensor, Safety Induction Voice, Driver True Sensor, Driver Behavior Sensor, Fuel Consumption Sensor, Tire Pressure Sensor, Brake Pressure Sensor, Product Level Sensor.

Kemudian Pneumatic Seal sensor & EDR/ Blackbox, Auto Route Navatigate, Auto Maintenance System, Electronics Sensor System, Legality Sensor System, Safety Distance & CCTV Sensor, dan Face Fatigue Sensor.

(TRY/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi