Takut Berobat, Konsultasi Lewat Online Klinik

Takut Berobat, Konsultasi Lewat Online Klinik
Tenaga medis berjuang melawan Covid-19. (Analisadaily/Qodrat Al-qadri)

Analisdaily.com, Medan - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat yang memiliki keluhan mengenai masalah kesehatan menjadi takut untuk berobat dan datang ke rumah sakit.

Apalagi, saat ini di Kota Medan masuk kategori zona merah membuat warga Medan secara khusus dan Sumatera Utara umumnya menjadi takut berobat, konsultasi atau kontrol kesehatan ke rumah sakit.

Alasan tidak mau berobat atau konsultasi ke rumah sakit karena tidak sedikit masyarakat yang takut terpapar ketika harus berobat ke rumah sakit. Padahal, beberapa penyakit kronis seperti diabetes, jantung, hipertensi, stroke dan lainnya akan menimbulkan masalah yang lebih besar jika tidak diobati secara rutin.

General Manager RS Columbia Asia Medan Deny Hidayat kepada Analisadaily.com, Rabu (15/7) mengatakan melihat fenomena kekhawatiran warga Medan secara khusus dan warga Sumut umumnya, membuat pihaknya meluncurkan Online Klinik bagi pasien yang ingin berkonsultasi dan mengontrol kesehatannya.

"Layanan online ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pasien untuk bisa melakukan konsultas kesehatan di mana saja," katanya.

Online klinik dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp video call langsung dengan dokter yang biasa menangani pasien tersebut, sehingga sudah mengetahui riwayat kesehatan dari pasien.

Konsultasi online tersebut akan dicatat oleh rekam medis dan disimpan agar bisa digunakan kembali untuk konsultasi berikutnya.

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi