Hati-hati Ada Razia Patuh Toba 2020 di Simpang Pasar Merah Medan

Hati-hati Ada Razia Patuh Toba 2020 di Simpang Pasar Merah Medan
Razia di Simpang Pasar Merah Medan (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka operasi Patuh Toba 2020, Unit Lantas Polsek Medan Area bersama dengan Satlantas Polrestabes Medan menggelar razia gabungan di persimpangan Jalan Bakti dan Jalan Pasar Merah, Sabtu (25/7) siang.

Kanit Lantas Polsek Medan Area, Iptu M. Simanjuntak mengatakan, Operasi Patuh Toba ini pihaknya melakukan penindakan secara kasat mata seperti melihat para pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan berboncengan melebihi kapasitas.

"Kita lebih melakukan penindakan yang kasat mata seperti tidak pakai helm, sepeda motor yang knalpotnya blong, melawan arah dan berbonceng tiga," kata Simanjuntak.

Menurutnya Ops Patuh Toba 2020 digelar untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

"Kegiatan ini mengedepankan preemtif dan preventif serta penindakan hukum guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi lalu lintas dalam rangka pencegahan atau penularan Covid-19," ungkapnya.

Simanjuntak juga menuturkan bahwa kegiatan ini, selain melakukan penindakan terhadap pengendara yang tidak patuh terhadap aturan lalu lintas, sekaligus mengimbau masyarakat agar selalu menggunakan masker saat keluar rumah.

"Apabila ada pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker akan kita imbau. Pada hari pertama dilakukannya Ops Patuh Toba ini kita juga memberikan masker kepada pengendara yang tidak pakai masker," ucapnya.

"Dan sampai saat ini, kita sudah melakukan penindakan dengan menilang kendaraan bermotor yang melanggar aturan sebanyak tujuh orang," tukasnya.

Untuk diketahui, Ops Patuh Toba 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara melaksanakannya selama 14 hari sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Selain itu, Polda Sumut juga menurunkan 1.295 personel satuan tugas Polda dan satuan tugas wilayah dalam Ops Patuh Toba 2020.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi